Irwan Febri Rialdi
Aksi Ernando Ari saat Timnas Indonesia U-23 melawan Vietnam di final Piala AFF U-23 2023. (Dok. aseanfootball.org)

Bolatimes.com - Satu negara ASEAN, yakni Vietnam sukses menjadi negara pertama yang berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024, menyusul Qatar yang dipastikan lolos dengan status tuan rumah.

Pertama-tama, Timnas Qatar U-23 menjadi tim nasional pertama yang dipastikan akan berlaga di Piala Asia U-23 tahun depan.

Mereka memiliki keuntungan khusus sebagai tuan rumah turnamen tersebut.

Qatar tidak perlu ikut serta dalam proses kualifikasi seperti 40 negara lainnya yang telah memulai persaingan sejak tengah pekan lalu.

Ini adalah sebuah keistimewaan yang memungkinkan Qatar tampil di hadapan pendukungnya sendiri tanpa harus melalui proses seleksi lebih lanjut.

Sementara itu, Timnas Vietnam U-23 berhasil memastikan tiket ke Qatar setelah meraih kemenangan dalam dua pertandingan di Grup C.

Mereka mencetak kemenangan telak 6-0 atas Guam dan juga berhasil mengalahkan Yaman dengan skor 1-0.

Dengan mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan tersebut, Timnas Vietnam U-23 secara resmi melangkah ke fase berikutnya dari kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Keberhasilan ini menunjukkan kualitas permainan Vietnam yang patut diacungi jempol.

Poin yang dikumpulkan oleh Timnas Vietnam U-23 tidak bisa disaingi oleh dua tim lainnya di Grup C, yaitu Singapura dan Guam.

Meskipun Yaman juga berhasil mengumpulkan jumlah poin yang sama dengan Vietnam, namun mereka kalah dalam perbandingan head to head. Sehingga Vietnam dengan mantap meraih tiket ke putaran final.

Selain Vietnam, terdapat beberapa tim nasional lainnya yang berhasil mengemas enam poin dari dua pertandingan dalam kualifikasi.

Namun, mereka belum dapat memastikan tiket ke Qatar karena persaingan yang masih berlangsung ketat di dalam grup masing-masing.

Tim-tim ini termasuk Yordania, Jepang, Uzbekistan, Irak, Thailand, dan Arab Saudi.

Di sisi lain, beberapa tim masih berada di puncak klasemen sementara dan menanti hasil pertandingan terakhir yang akan digelar pada 12 September.

Tim-tim ini termasuk Indonesia, Australia, China, dan Korea Selatan. Mereka harus menunjukkan performa terbaik mereka dalam laga terakhir ini untuk memastikan tiket menuju Piala Asia U-23 2024.

Dengan demikian, Timnas Qatar U-23 dan Timnas Vietnam U-23 telah mengukir prestasi luar biasa dengan berhasil mengamankan tiket ke Piala Asia U-23 2024.

Semua mata akan tertuju pada turnamen mendatang di Qatar, yang akan menjadi panggung bagi bakat-bakat muda sepak bola Asia untuk bersaing dan memperjuangkan gelar juara.

(Suara.com/Pebriansyah)

Load More