Husna Rahmayunita
Profil Mergen Orazov (kiri), pelatih Turkmenistan yang akan hadapi Timnas Indonesia di FIFA Matchday. [Dok. Turkmenistan.gov.tm]

Bolatimes.com - Fakta menarik dari pelatih Turkmenistan, yakni Mergen Orazov, jelang pertarungannya dengan Timnas Indonesia pada agenda FIFA Matchday September 2023.

Timnas Indonesia akan melakoni agenda FIFA Matchday September 2023 menghadapi negara Asia Tengah, yakni Turkmenistan, Jumat (8/9).

Duel antara dua kesebelasan itu akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, dan rencananya Kick Off akan dilangsungkan pada pukul 19.30 WIB.

Baca Juga:
4 Pemain Timnas Indonesia yang Diprediksi Bobol Gawang Turkmenistan di FIFA Matchday

Pertemuan ini sendiri akan menjadi pertemuan kelima keduanya. Sebelumnya, Timnas Indonesia telah berhadapan dengan Turkmenistan sebanyak empat kali di pentas internasional.

Dalam empat pertemuan itu, tim Merah Putih unggul atas tim berjuluk Emeralds itu dengan meraih dua kemenangan, satu hasil imbang, dan menelan satu kekalahan saja.

Meski begitu, keunggulan Head to Head ini tak menjamin Timnas Indonesia akan bisa menang mudah di duel nanti, mengingat pertemuan terakhirnya dengan Turkmenistan terjadi pada 2011 silam.

Baca Juga:
Shayne Pattynama Batal Perkuat Timnas Indonesia Lawan Turkmenistan di FIFA Matchday September 2023

Selain itu, saat ini Turkmenistan berada di peringkat ke-138 dunia, unggul atas Timnas Indonesia yang menduduki peringkat ke-150 ranking FIFA.

Di samping itu, Turkmenistan saat ini ditukangi pelatih baru yakni Mergen Orazov, yang baru ditunjuk pada Januari 2023 lalu. Sehingga secara kekuatan dan gaya bermain, tim Emeralds sulit untuk diprediksi.

Jelang duel ini, nama Mergen Orazov pun menjadi sorotan tersendiri, mengingat latar belakangnya yang unik sebelum ditunjuk sebagai pelatih Turkmenistan.

Baca Juga:
Gacor Bersama PSIS di BRI Liga 1, Mungkinkah Gali Freitas Dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia?

Berikut Bolatimes.com sajikan fakta-fakta menarik dari sosok Mergen Orazov yang akan memimpin Turkmenistan saat menghadapi Timnas Indonesia.

1. Masih Berusia Muda

Mergen Orazov menjadi sorotan salah satunya karena usianya yang masih amat muda untuk ukuran pelatih tim nasional, yakni baru berusia 35 tahun.

Baca Juga:
3 Negara yang Berpotensi Digusur Timnas Indonesia Andai Kalahkan Turkmenistan di FIFA Matchday

Sebagai perbandingan, pria kelahiran 22 Februari 1988 ini hanya berjarak satu tahun saja dari bek sekaligus kapten Timnas Indonesia yang dipanggil untuk menghadapi Turkmenistan, yakni Fachruddin Aryanto (34 tahun).

Meski baru berusia 35 tahun, Orazov sendiri punya kiprah apik di level kepelatihan, di mana ia pernah membawa FK Ahal menjuarai Liga dan Piala Turkmenistan.

2. Mantan Pemain dan Pelatih Futsal

Siapa yang menyangka, karier Mergen Orazov sendiri bermula di olahraga futsal. Sebelum terjun sebagai pelatih, ia merupakan mantan penggawa Timnas Futsal Turkmenistan.

Usai gantung sepatu, Orazov kemudian menjadi pelatih Timnas Futsal Turkmenistan. Dari sanalah, ia kemudian mencoba peruntungan sebagai pelatih sepak bola dengan membesut FK Ahal.

Kiprahnya di FK Ahal itu membuat Federasi Sepak Bola Turkmenistan (FFT) kemudian menunjuknya sebagai pelatih tim nasional per 7 Januari 2023 lalu.

3. Pelatih Terbaik Turkmenistan

Di usia yang sama dengan sebagian besar pemain profesional itu, Mergen Orazov pernah mendapat predikat sebagai pelatih terbaik di Turkmenistan.

Predikat itu didapatkannya saat masih berstatus pelatih Futsal, kala menukangi tim bernama Kopetdag yang berhasil menjuarai Liga Futsal Turkmenistan.

Gelar pelatih terbaik Futsal itu mengantarkan Orazov ke kancah sepak bola. Nahas, kiprahnya di Timnas Turkmenistan saat ini tak berjalan mulus, dengan mengantongi satu hasil imbang dan tiga kekalahan sejak penunjukannya pada 7 Januari 2023 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More