Irwan Febri Rialdi | Gagah Radhitya Widiaseno
Emil Audero Mulyadi saat debut bersama Inter Milan. (Instagram/emil_audero)

Bolatimes.com - Kiper keturunan Indonesia, Emil Audero Mulyadi, kembali disisihkan Timnas Italia. Ia lagi-lagi tak dipanggil untuk Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Seperti diketahui, Timnas Italia telah mengumumkan daftar skuad yang dibawa untuk ajang Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Dari 29 nama yang telah dipanggil, tak ada nama Emil Audero mengisi skuad Gli Azzurri. Pelatih Luciano Spalletti memanggil empat nama kiper diantaranya Donnarumma, Meret, Provedel, dan Vicario.

Ke-29 nama tersebut akan menjalani Kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan melawan Macedonia Utara dan Ukraina pada 10 dan 13 September 2023 mendatang.

Sebelumnya, Emil Audero memang pernah mencicipi skuad Italia di level U-17 dan U-21. Namun di level senior, ia belum pernah membela Italia.

Hal ini membuat pihak PSSI mencoba untuk membujuk Audero untuk membela Timnas Indonesia. Hal ini diutarakan oleh eks Exco PSSI, Hassani Abdulgani pada Maret 2022 silam.

Ayah Audero sempat menolak ajakan tersebut karena masih berharap anaknya membela Timnas Italia.

“Mimpi kali, kalau Emil ingin bermain di Piala Dunia ya harus ambil di sana (Italia). Indonesia lolos Asia saja enggak, apalagi Piala Dunia. Enggak usah. Apa sih penghargaannya di Indonesia,” ucap ayah Emil, Edy Mulyadi dalam video yang viral di media seosial beberapa waktu lalu.

Tetapi dengan tak dipanggilnya ke Timnas Italia, bukan tidak mungkin ayah Emil pun menarik perkataannya tersebut.

Pelatih Shin Tae-yong juga secara terang-terangan menginginkan Emil Audero untuk dinaturalisasi.

"Kiper yang ingin dinaturalisasikan itu benar. Beda memang posisinya dari yang lain, tapi saya menginginkan pemain seperti itu," kata Shin Tae-yong saat ditemui di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (2/3/2022).

"Dengan kemampuan dia yang baik datang ke Indonesia, mungkin nanti menyampaikan budaya-budaya yang baik untuk kiper Indonesia," terangnya.

Namun, Shin Tae-yong tak bisa memastikan Emil bersedia atau tidak membela Timnas Indonesia.

Load More