Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi
Potret pemain Al Nassr yang dihuni sejumlah pemain top Eropa, termasuk Cristiano Ronaldo dan Sadio Mane. (Instagram/alnassr)

Bolatimes.com - Presiden UEFA, Aleksander Ceferin menolak mentah-mentah wacara klub Arab Saudi tampil di Liga Champions. Pernyataan ini membuat peluang Cristiano Ronaldo kembali ke Eropa tertutup.

Ketua operasional Liga Arab Saudi atau Saudi Pro League (SPL), Carlo Nohara, sebelumnya mengutarakan keinginan mereka agar klub-klub dari liga mereka bisa main di Liga Champions Eropa alih-alih di Asia.

“Kami berusaha tampil berbeda. Jadi perubahan atau peningkatan apa pun yang dapat dilakukan di liga akan disambut baik," kata Carlo Nohara dikutip dari Goal Internasional, Jumat (1/9/2023).

Baca Juga:
Link Live Streaming Persita Tangerang vs Madura United Sore Ini: Laga Berat Pendekar Cisadane Jamu Pemuncak Klasemen

Kini, wacana ambisius itu telah direspons oleh Presiden UEFA. Aleksander Ceferin menegaskan Liga Champions Eropa cuma diperuntukan tim-tim di bawah naungan UEFA.

“Sebuah media membicarakan hal ini bahkan tanpa bertanya kepada kami,” kata Ceferin kepada L’Equipe.

“Hanya klub-klub Eropa yang dapat berpartisipasi di Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi,” tegasnya.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 2023 Hari Ini: Ada Persita Tangerang vs Madura United dan Bhayangkara FC vs Arema FC

Presiden UEFA juga mengatakan tidak ada peluang final Liga Champions dimainkan di Amerika Serikat.

“Hanya federasi Eropa yang bisa mengajukan permohonan [untuk menjadi tuan rumah] final, bahkan klub pun tidak. Kami harus mengubah semua peraturan kami, dan kami tidak menginginkan hal itu,” tambahnya.

Wacana klub-klub Arab Saudi agar bisa tampil di Liga Champions Eropa muncul setelah sepak bola negara tersebut melakukan terobosan besar musim panas ini.

Baca Juga:
Turkmenistan U-23 Lakukan Trik 'Licik' untuk Kalahkan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Klub-klub besar Arab Saudi telah mendatangkan nama-nama tenar dari Eropa seperti Ronaldo, Neymar, Ruben Neves, Sadio Mane dan N'Golo Kante. Bahkan, Arab Saudi resmi menunjuk Roberto Mancini sebagai pelatih tim nasional mereka.

Terlepas dari tertutupnya peluang bermain di kompetisi elit Eropa, Cristiano Ronaldo yang merupakan pentolan Al Nassr, sudah ditunggu persaingan yang tak kalah berat di Liga Champions Asia 2023.

Al Nassr yang melangkah ke putaran final melalui jalur play-off diketahui tergabung di Grup E Liga Champions Asia 2023 bersama wakil Iran Persepolis, wakil Qatar Al-Duhail dan klub Tajikistan Istiklol.

Baca Juga:
Alasan Shin Tae-yong Panggil Aji Kusuma ke Timnas Indonesia meski Belum Bikin Satu Gol pun di Liga 1

Load More