Irwan Febri Rialdi
Roberto Mancini resmi menjadi pelatih baru Arab Saudi. (Dok. SAFF)

Bolatimes.com - Janji manis langsung diberikan oleh Roberto Mancini saat resmi diperkenalkan sebagai pelatih anyar Timnas Arab Saudi. Tak tanggung-tanggung, ia berjanji membawa Arab Saudi juara Piala Asia 2023.

Mancini sendiri resmi diperkenalkan menjadi pelatih Timnas Arab Saudi pada Senin (28/8/2023). Dikabarkan Football Italia, eks pelatih Inter Milan itu dikontrak sampai 2027.

Mancini menggantikan posisi Herve Renard. Pertandingan pertamanya sebagai pelatih Arab Saudi akan diadakan pada 8 September 2023 melawan Kosta Rika di Stadion St James Park, Newcastle.

Belum juga memulai laga perdananya dengan Arab Saudi, Mancini sudah langsung sesumbar membawa tim berjuluk Green Falcons itu menjadi juara Piala Asia 2023.

Piala Asia 2023 sendiri bakal bergulir di Qatar mulai 12 Januari 2024 mendatang. Tapi, ada beberapa negara kuat yang siap menjegal ambisi Mancini memberikan gelar Piala Asia 2023 buat Arab Saudi.

1. Jepang

Sebagai negara tersukses di Piala Asia dengan raihan empat gelar juara, Jepang selalu masuk ke dalam daftar favorit menjadi juara di tiap edisinya.

Jepang yang terakhir menjadi juara pada Piala Asia 2019, kini punya banyak amunisi pemain berlabel pemain Eropa. Di antaranya ada Kaoru Mitoma.

Bahkan pada gelaran Piala Dunia 2022 lalu, 20 dari 26 pemain yang dibawa Jepang ke Qatar merupakan pemain yang berkarier di Eropa.

2. Korea Selatan

Korea Selatan yang sudah terlalu lama tidak menjadi juara Piala Asia, diyakini punya ambisi besar untuk membawa pulang trofi itu di edisi 2023.

Terlebih, Piala Asia 2023 bisa menjadi kesempatan terakhir untuk meraih gelar ini bagi beberapa pemain veteran Korea Selatan seperti Son Heung-min, Hwang Ui-jo, dan Kim Young-gwon.

Korea Selatan sendiri punya materi pemain yang mumpuni dan beberapa pemain mentas di Eropa seperti Kim Min-jae di Bayern Munchen dan Hwang Hee-chan bersama Wolverhampton Wanderers.

3. Iran

Menjadi tim kedua setelah Jepang dengan raihan gelar Piala Asia terbanyak, Iran juga selalu masuk ke dalam daftar favorit untuk menjuarai Piala Asia setiap edisinya.

Iran juga punya materi pemain cukup mumpuni di edisi tahun ini. Di antaranya ada penyerang Bayer Leverkusen yang sedang dipinjamkan ke AS Roma, Sardar Azmoun.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More