Arif Budi Setyanto
Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari. (Instagram/nandoariiiss)

Bolatimes.com - Pelatih Vietnam, Hoang Anh Tuan mengungkapkan salah satu kunci kemenangan melawan timnas Indonesia U-23 di final Piala AFF U-23 2023 karena unggul dalam kondisi fisik.

Final Piala AFF U-23 2023 mempertemukan timnas Indonesia vs Vietnam, Sabtu (26/8/2023) berlangsung sengit karena kedua tim bisa saling meredam serangan.

Nyatanya skor 0-0 bertahan hingga 120 menit dan pertandingan harus dilanjutkan ke adu penalti untuk menentukan pemenangnya.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Sama Kuat, Duel PSS Sleman vs Persebaya Surabaya Berakhir Imbang 0-0

Vietnam akhirnya mampu meraih kemenangan setelah unggul 6-5 dalam adu penalti. Semua penendang penalti Golden Star Warriors muda berhasil menceploskan bola.

Sedangkan timnas Indonesia U-23 ada satu yang gagal. Ia adalah Ernando Ari yang menjadi algojo keenam.

Bicara soal kemenangan timnya, pelatih Vietnam Hoang Anh Tuan mengucapkan bahwa mereka unggul kondisi fisik dari timnas Indonesia U-23. Apalagi Garuda Muda krisis pemain karena beberapa nama mengalami cedera.

Baca Juga:
4 Bintang Muda Indonesia yang Meredup karena Cedera, Ada Jebolan Liga Inggris

"Kami menentukannya (penendang penalti) tidak subjektif, tapi Vietnam punya keunggulan waktu karena kondisi fisik Indonesia jauh menurun setelah laga semifinal melawan Thailand," ucap Hoang Anh Tuan dikutip dari 24.com.vn, Minggu (27/8/2023).

"Dilihat dari daftar kompetisi, mereka punya 7 pemain pengganti, termasuk dua kiper, sehingga hanya punya lima pilihan (outfield player). Beberapa pemain starter juga tidak dalam kondisi yang baik," imbuhnya.

Maka dari itu, Vietnam mampu memanfaatkannya dengan baik. Alhasil mereka bisa mengalahkan timnas Indonesia U-23 di final dan mempertahankan gelar juara Piala AFF U-23.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 Hari Ini: PSS Sleman vs Persebaya Surabaya, Persib Bandung vs RANS Nusantara FC

Load More