Arif Budi Setyanto
Aksi Ernando Ari saat Timnas Indonesia U-23 melawan Vietnam di final Piala AFF U-23 2023. (Dok. aseanfootball.org)

Bolatimes.com - Vietnam menjadi juara Piala AFF U-23 2023. Usai berhasil meraih trofi, sang pelatih Hoang Anh Tuan menyombongkan timnya menang dengan skuad paling muda di turnamen ini.

Laga final Piala AFF U-23 2023 berlangsung dramatis. Kedua tim sama-sama ngotot dan hasilnya imbang dalam 120 menit.

Hal itu kemudian membuat pemenang pertandingan harus ditentukan oleh adu penalti. Semua pemain Vietnam berhasil mengeksekusi tendangan dari titik putih dengan baik.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Sama Kuat, Duel PSS Sleman vs Persebaya Surabaya Berakhir Imbang 0-0

Di sisi lain, timnas Indonesia U-23 gagal dalam penendang terakhir yang dilakukan Ernando Ari. Alhasil Garuda Muda harus puas jadi runner up Piala AFF U-23 2023.

Setelah pertandingan, Hoang Anh Tuan mengaku senang. Terlebih ia mengaku memakai pemain termuda di ajang ini.

"Saya sangat senang karena memenangkan kejuaraan bersama timnas untuk pertama kalinya," ucap Hoang Anh Tuan dikutip dar 24.com.vn, Minggu (27/8/2023).

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 Hari Ini: PSS Sleman vs Persebaya Surabaya, Persib Bandung vs RANS Nusantara FC

"Kegembiraan saya yang lain adalah para pemain muda cepat dewasa. Ada pemain berusia 17,18, dan 19 tahun yang diberikan kesempatan bermain dan membuat saya bahagia. Tidak hanya menang, Vietnam juga memenangkan kompetisi dengan banyak kekuatan pemain yang lebih muda, mungkin di turnamen ini," tegasnya.

Dengan ini, Vietnam mampu mempertahankan gelar juara Piala AFF U-23. Sedangkan timnas Indonesia U-23 harus puas di runner up.

Meski begitu, Garuda Muda tidak boleh larut dalam kesedihan. Sebab, Shin Tae-yong harus fokus ke turnamen lainnya, yaitu Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang dijadwalkan September mendatang.

Baca Juga:
Rekap Hasil BRI Liga 1: Borneo FC Gilas Persita Tangerang, Persija Jakarta Dipecundangi Dewa United

Load More