Irwan Febri Rialdi
Klub MLS, FC Cincinnati. (Instagram/@fccincinnati)

Bolatimes.com - Megabintang Timnas Argentina, Lionel Messi, sukses membantu Inter Miami menghajar klub pemuncak klasemen sementara Major League Soccer (MLS), FC Cincinnati, pada partai final ajang US Open Cup 2023.

Inter Miami memang harus berjuang keras untuk bisa menaklukkan perlawanan FC Cincinnati pada final US Open Cup 2023 yang berlangsung di TQL Stadium, Cincinnati, Kamis (24/8/2023) pagi hari WIB.

Menariknya, FC Cincinnati sempat unggul 2-0 terlebih dahulu lewat gol Luciano Acosta (18’) dan Brandon Vazquez (53’). Namun, Inter Miami bisa menyamakan kedudukan secara dramatis lewat dua gol Leonardo Campana (68’ dan 90+7’).

Inter Miami sebetulnya bisa berbalik unggul pada babak tambahan waktu, tepatnya ketika Jose Martinez mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-93. Namun, tim tuan rumah bisa mengejar defisit gol ini lewat gol Yuya Kubo (114’).

Pertandingan pun harus dilanjutkan lewat babak adu penalti. Inter Miami sukses memastikan gelar juara US Open Cup 2023 lewat skor 5-4 pada babak penentuan tersebut.

Kemenangan ini memang tak terasa spesial bagi Lionel Messi dan kawan-kawan. Apalagi, FC Cincinnati untuk sementara ini berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara Eastern Conference MLS 2023.

Dari total 24 pertandingan, mereka sukses mengumpulkan 51 poin. Situasi ini sangat jauh dibandingkan Inter Miami yang berada di dasar klasemen dengan koleksi 18 poin dari 22 pertandingan.

Profil FC Cincinnati

Sebagai informasi, FC Cincinnati merupakan klub sepak bola profesional Amerika Serikat yang berbasis di Cincinnati. Klub ini berkompetisi di Eastern Conference alias Wilayah Timur dari Major League Soccer (MLS).

Tak jauh berbeda dengan Inter Miami, FC Cincinnati merupakan salah satu klub yang masih berusia muda. Sebab, klub ini baru dibentuk pada 12 Agustus 2015, atau usianya kini baru menginjak delapan tahun.

Pada mulanya, FC Cincinnati masih berkompetisi di United Soccer League (USL) selama rentang waktu 2016 hingga 2018. Baru pada 29 Mei 2018, klub ini mendapatkan lisensi untuk berkompetisi di MLS.

Ketika itu, pemilik klub mulai bernegosiasi dengan pihak Major League Soccer untuk mendapatkan ekspansi franchise pada awal 2016. Mereka mulai secara resmi melayangkan pengajuan ini pada Januari 2017.

Selama ini, mereka memang belum pernah mendapatkan gelar juara di ajang MLS. Sebab, kiprahnya memang masih mentok di level turnamen-turnamen yang digelar di Amerika Serikat.

Misalnya, mereka dua kali menjuarai Queen City Cup pada 2016 dan 2017. Selain itu, ada satu gelar di ajang River Cities Cup 2016 dan IMG Suncoast Pro Classic 2016. Di ajang United Soccer League, mereka sempat menjadi juara musim reguler pada edisi 2018.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More