Husna Rahmayunita
Duel Kamboja versus Thailand di Piala AFF U-23 2023. (Instagram/@theaseanfootball)

Bolatimes.com - Melihat kisah Kamboja yang terkesan apes, setelah dipastikan gagal menggusur Timnas Indonesia U-23 dalam perebutan tiket lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 akibat pemainnya cetak gol bunuh diri.

Kamboja harus mengalami nasib sial dalam perjalanannya di Piala AFF U-23 2023, meski tampil apik sepanjang gelaran turnamen.

Tergabung di grup A, tim berjuluk Angkor Warriors ini mampu membuka kampanyenya dengan kemenangan telak 5-0 atas Brunei Darussalam.

Baca Juga:
Bantu Inter Miami Juara League Cup 2023, Lionel Messi Sah Jadi Pemain dengan Gelar Terbanyak di Dunia

Lalu di laga kedua grup A kontra Myanmar, Kamboja mampu bermain imbang 1-1 usai gol Kong Lyhour di menit ke-13 mampu disamakan oleh Kun Kyaw Zin Hein di menit ke-88.

Karena hasil imbang itu, Kamboja mau tak mau diharuskan menang di laga terakhir kontra tuan rumah penyelenggaraan, yakni Thailand, Senin (21/8) malam WIB.

Di laga tersebut, Kamboja tampil apik kontra Thailand sejak babak pertama dengan mampu menahan gempuran tuan rumah yang bertubi-tubi.

Baca Juga:
Menohok, Fans Liverpool Bikin Daftar Kesalahan Moises Caicedo saat Debut Bersama Chelsea

Bahkan, Kamboja juga mampu meladeni permainan tuan rumah dengan mengirimkan serangan balasan. Ketatnya permainan kedua tim lantas membuat babak pertama ditutup dengan skor 0-0.

Lalu di paruh kedua, petaka datang untuk Kamboja. Permainan apiknya di babak pertama harus buyar ketika penjaga gawangnya, Reth Lyheng, mencetak gol bunuh diri di menit ke-50.

Petaka kembali datang bagi Kamboja, usai beknya yakni Hout Vanneth ikut mencetak gol bunuh diri di menit ke-80, usai salah dalam mengantisipasi tembakan Nethithorn Kaewcharoen.

Baca Juga:
Momen Sikap Rendah Hati Lionel Messi Beri Ban Kapten ke Rekannya Curi Perhatian

Tak ayal, dua gol bunuh diri dari para penggawanya itu membuat Kamboja harus menelan kekalahan 0-2 dari Thailand dan membuat perjalanannya di Piala AFF U-23 2023 harus berakhir meski finis sebagai Runner Up grup A.

Sejatinya, satu kemenangan atas Brunei, satu hasil imbang kontra Myanmar, dan satu kekalahan dari Thailand membuat Kamboja mengantongi empat poin.

Tapi, AFF menerapkan aturan khusus di grup A. Karena grup ini berisikan empat tim, berbeda dengan grup B dan C dengan tiga tim, maka poin dan gol yang didapatkan dari juru kunci grup A tak dihitung.

Baca Juga:
Malaysia Main Mata dengan Timor Leste demi Singkirkan Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023?

Aturan ini membuat kemenangan 5-0 Kamboja atas Brunei di laga pertama grup A pun menjadi sia-sia. Alhasil poin yang didapatkan Angkor Warriors pun baru dihitung satu poin saja, yakni kala bermain imbang dengan Myanmar.

Karena finis sebagai Runner Up grup A dengan raihan satu poin, Kamboja pun harus menerima kenyataan gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 via jalur runner up grup terbaik.

Sebab, torehan poin Kamboja ini kalah dengan Timnas Indonesia U-23 yang telah mengumpulkan tiga poin dari dua pertandingan dan saat ini berstatus runer up grup B.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More