Rauhanda Riyantama
Potret pemain Al Nassr yang dihuni sejumlah pemain top Eropa, termasuk Cristiano Ronaldo dan Sadio Mane. (Instagram/alnassr)

Bolatimes.com - Liga Arab Saudi berambisi untuk bisa mengirimkan tim mereka bermain di Liga Champions. Ambisi liar ini tentu didukung dengan kesiapan mereka mengeluarkan duit yang fantastis.

Sejak awal tahun 2023, Liga Arab Saudi memang gencar bersolek rupa. Paling kentara tentu saja datangnya para pemain bintang dunia ke sana.

Nama-nama beken macam Cristiano Ronaldo, Karim Benzema N'Golo Kante, Riyad Mahrez, Ruben Neves, hingga terbaru Neymar didatangkan dengan gaji yang spektakuler.

Baca Juga:
Berharap Keajaiban, Ini 2 Syarat Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023

Namun rupanya ambisi Arab Saudi untuk semakin memperbesar cakupan sepak bola mereka tidak berhenti hanya dengan mendatangkan pemain-pemain dunia.

Dilansir dari Corriere dello Sport, Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) berencana mengajukan wild card ke UEFA yang memungkinkan juara liga domestik mereka tampil di Liga Champions.

Media Spanyol, Marca, bahkan mengabarkan bahwa petinggi UEFA dan Federasi Sepak Bola Arab Saudi sudah berdiskusi soal kemungkinan ini.

Baca Juga:
5 Pemain Asing Berlabel Timnas yang Tampil di Liga 2 2023/2024, Ada Jebolan Timnas Brasil

Akan tetapi, opsi juara Liga Pro Arab Saudi untuk tampil di Liga Champions disebut masih akan mustahil terwujud dalam beberapa tahun ke depan.

Rencana SAFF untuk membuat tim dari liga Arab Saudi bisa bermain di Liga Champions tidak terlepas dari perubahan format kompetisi antarklub paling bergengsi di Benua Biru itu sendiri.

Mulai musim 2024/25, kuota peserta Liga Champions ditambah 4 tim sehingga total akan ada 36 tim yang akan bermain di satu liga.

Baca Juga:
Menang Tipis Atas Timor Leste, Peluang Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 Bergantung pada Thailand

Delapan tim terbaik di liga akan lolos otomatis ke fase knockout.  Sementara itu, tim peringkat kesembilan hingga ke-24 akan bermain pada laga playoff dua leg untuk mengamankan tempat pada babak 16 besar. 

Delapan tim pemenang pada playoff akan meramaikan babak 16 besar. Sementara itu, tim-tim peringkat ke-25 ke bawah akan tereliminasi tanpa akses ke Liga Europa.

Pada babak 16 besar dan setelahnya, kompetisi akan mengikuti format fase gugur seperti pada umumnya hingga ke laga final di venue netral.

Baca Juga:
2 Pemain Keturunan Grade A Dipanggil Timnas Belanda di Kualifikasi Euro 2024, Peluang Bela Timnas Indonesia Makin Tipis

Jika nantinya rencana Arab Saudi untuk mengirimkan tim Liga Arab Saudi ke Liga Champions, maka pemain-pemain seperti Benzema, Ronaldo, Kante, hingga Neymar berpotensi tampil lagi di kompetisi Eropa.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More