Irwan Febri Rialdi
Vinicius Goes Barbosa. (Instagram/@vinicius91vina)

Bolatimes.com - Penampilan debut yang dibukukan eks penjaga gawang Chelsea, Eduardo Mendy, bersama Al-Ahli di Liga Pro Arab Saudi justru dipermalukan oleh pemain bernama Vinicius Goes Barbosa.

Sebab, Vinicius Goes Barbosa mampu membuat Eduardo Mendy melakukan kesalahan ketika berusaha untuk membangun serangan. Umpan yang dikirimkan Mendy sukses dipotong oleh Vinicius di tengah lapangan.

Saat melihat Eduardo Mendy berada kurang ideal karena jauh dari gawangnya, Vinicius Goes Barbosa langsung melepaskan tembakan terukur dari jarak jauh. Bola dilambungkan tinggi dan gagal dihalau Mendy.

Akibat blunder yang dilakukan oleh kiper berusia 31 tahun tersebut, Al-Ahli justru kebobolan. Namun beruntungnya. Al-Ahli masih bisa mengamankan pertandingan.

Terlepas dari kesalahan mantan kiper Chelsea tersebut, wajah Al-Ahli diselamatkan oleh Roberto Firmino yang sukses mencetak hattrick pada pertandingan ini. Tiga gol itu tercipta pada menit ke-6, 10’, dan 72’.

Dengan kata lain, penampilan impresif Roberto Firmino mewarnai debut buruk yang dilakukan oleh Eduardo Mendy. Dia justru membuat Vinicius Goes Barbosa bisa mencetak gol indah dari jarak jauh.

Profil Vinicius Goes Barbosa

Sebagai informasi, Vinicius Goes Barbosa merupakan seorang pesepak bola yang lahir di Curitiba, Brasil, pada 15 April 1991. Dengan demikian, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini sudah berumur 32 tahun.

Karier sepak bolanya dimulai bersama sejumlah klub lokal di tanah kelahirannya. Dia sempat ditempa akademi Parana FC sebelum akhirnya bergabung dengan tim junior Coritiba FC pada 2010.

Setelah sempat bermain di level U-20, pemain yang akrab disapa Vina ini akhirnya mencatatkan debutnya di kompetisi kasta tertinggi Negeri Samba, yakni Serie A, pada 26 Mei 2012 ketika timnya kalah 2-3 dari Botafogo.

Sebagian besar kariernya memang dihabiskan di Brasil. Sebab, setelah medio 2012, dia sempat menjalani masa pinjaman bersama Joinville (2012), Londrina (2013), dan Tupi (2013).

Pada 2014, dia sempat memperkuat empat klub yang berbeda. Mulai dari Esportivo, Anapolis, hingga Nautico. Setelah itu, Vina sempat bergabung dengan Fluminense pada 2015.

Pemain dengan nama lengkap Vinicius Goes Barbosa de Souza ini juga pernah bermain untuk Atletico Paranaense (2016-2018), Nautico (2016), Bahla (2017-2018), hingga Atletico Mineiro (2019).

Sebelum memutuskan untuk berkarier di luar negeri, Vina sempat bermain untuk Ceara (2020-2023), hingga Gremio (2023). Pada 28 Juli 2023, dia memilih untuk berkarier di Brasil setelah direkrut Al-Hazem.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More