Rauhanda Riyantama
Gelandang Timnas Thailand, Ekanit Panya. (Instagram/book_ekanit)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Ekanit Panya, gelandang milik Timnas Thailand yang baru saja direkrut oleh raksasa Liga Jepang yakni Urawa Reds Diamond.

Bukan rahasia lagi jika banyak pemain Thailand yang kerap diboyong oleh tim-tim asal Jepang untuk memenuhi kuota pemain asing ASEAN-nya.

Terbaru, ada nama Ekanit Panya yang direkrut oleh Urawa Reds Diamond dengan status pinjaman selama satu musim dari Muangthong United.

Baca Juga:
3 Fakta Menarik Bojan Hodak, Pelatih Baru Persib Bandung yang Sebelumnya Tangani Klub Malaysia

Perekrutannya pun kemudian membuat jagat sepak bola Asia Tenggara geger. Sebab, Urawa Reds Diamond bukanlah tim sembarangan.

Diketahui, Urawa Reds Diamond merupakan juara Liga Champions Asia 2023, setelah berhasil mengalahkan tim kaya Arab Saudi, Al Hilal pada dengan agregat 2-1 pada Mei 2023 lalu.

Nama besar Urawa Reds Diamond pun membuat nama Ekanit Panya menjadi perbincangan pecinta sepak bola Asia Tenggara belakangan ini.

Baca Juga:
Minta Rumput JIS Segera Diganti, Begini Penjelasan FIFA

Berikut Bolatimes.com sajikan profil serta sepak terjang Ekanit Panya, sehingga dirinya mampu dipinang oleh tim sekelas Urawa Reds Diamond.

Sepak Terjang Ekanit Panya

Ekanit Panya merupakan pemain yang berposisi gelandang serang atau winger asal Thailand, yang lahir di Chiang Rai pada 21 Oktober 1999 atau 23 tahun silam.

Baca Juga:
Statistik Bojan Hodak bersama PSM Makassar, Tak Ada Memori Indah di Liga Indonesia

Kiprahnya di dunia sepak bola sendiri bermula di tanah kelahirannya, yakni Chiangrai United. Ia menimba ilmu di akademi klub tersebut.

Setelah menimba ilmu selama lima tahun dalam rentang waktu 2010 hingga 2015, Ekanit Panya berhasil menembus tim utama dan tampil bagi Chiangrai United hingga 2022.

Dalam perjalanannya di Chiangrai United, Ekanit Panya sempat dipinjamkan ke berbagai klub, seperti Chiangrai City (2017), Chiangmai FC (2018-2019), dan Chiangmai United (2022).

Baca Juga:
4 Pemain Diaspora Dicoret, Ketum PSSI Tegaskan Timnas Indonesia U-17 Punya Standar

Penampilan terakhirnya di masa peminjaman bersama Chiangmai United dengan torehan dua gol dan tiga assist pada 2022 lalu membuat Muangthong United merekrutnya.

Muangthong United pun kemudian menebus dan memboyongnya dari Chiangrai United dengan harga Rp13,2 miliar.

Di musim pertamanya bersama Muangthong United yakni di musim 2022/2023, Ekanit Panya mampu tampil solid dengan mencetak enam gol dan lima assist dari 33 pertandingan.

Catatan itu kemudian membuat Urawa Reds Diamond mengajukan proposal peminjaman ke Muangthong United untuk membawanya ke Jepang guna melakoni musim 2023 ini.

Kiprah Ekanit Panya di level klub sempat membuatnya dipanggil ke Timnas Thailand. Tak tanggung-tanggung, ia melakoni debut di tim senior saat usia 19 tahun.

Saat itu, Akira Nishino memberikannya debut pada 10 September 2019 kala melawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sejak debutnya itu, Ekanit Panya tercatat telah 17 kali membela Timnas Thailand dan berhasil menyumbangkan satu gol serta empat assist dan membawa negaranya meraih dua titel Piala AFF pada 2020 dan 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More