Rauhanda Riyantama
Ruben Neves gabung Al Hilal. (Twitter)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain muda yang hijrah ke Liga Arab Saudi, di mana para pemain ini telah memasuki usia emas dalam kariernya sebagai pesepak bola.

Bukan rahasia lagi jika kompetisi Liga Arab Saudi menjadi perhatian di bursa transfer musim panas 2023 ini setelah banyak mendatangkan pemain-pemain dari Eropa.

Banyak pemain dari Eropa yang memiliki status sebagai bintang didatangkan dengan embel-embel bayaran besar hingga triliunan rupiah per tahunnya.

Baca Juga:
Hasil Sidang Komdis PSSI: Asep Berlian Dapat Sanksi Berat, Dilarang Main di 3 Laga dan Denda Rp10 Juta

Karena besarnya bayaran itu, para pemain bintang ini pun sudi untuk bergabung, utamanya para pemain yang telah memasuki usia senja sebagai pemain.

Sebut saja nama-nama seperti Karim Benzema, N'Golo Kante, Kalidou Koulibaly, hingga Edouard Mendy. Para pemain ini telah berusia 30 tahun lebih atau di akhir kariernya sebagai pesepak bola.

Nyatanya tak hanya para pemain yang sudah berusia tua saja yang tergoda dengan tawaran masif dari Liga Arab Saudi.

Baca Juga:
Tak Seperti Asnawi Mangkualam, Pemain Timnas Malaysia Menyerah di Korea Selatan dan Pulang Kampung

Beberapa pemain yang masih muda atau berusia emas bahkan rela mengorbankan kariernya di Eropa demi bisa mengantongi bayaran besar di Arab Saudi.

Lantas, siapa saja pemain yang berusia muda atau di usia emas yang memutuskan hijrah ke Liga Arab Saudi saat ini? Berikut daftarnya.

1. Ruben Neves

Baca Juga:
Persik Kediri Tanpa 3 Pemain Andalan saat Lawan Dewa United, Salah Satunya Anderson do Nasicimento

Ruben Neves merupakan salah satu gelandang bintang yang acapkali membela Timnas Portugal di level internasional. Hal ini tak lepas dari rekam jejaknya bersama Wolverhampton Wanderers.

Tapi pada musim panas 2023 ini, pemain berusia 26 tahun itu memutuskan bergabung Al Hilal. Padahal ia sempat menjadi incaran banyak klub top Eropa, salah satunya adalah Barcelona.

2. Sergej Milinkovic-Savic

Baca Juga:
Pelatih Bali United Sesumbar Sudah Kantongi Kekuatan Arema FC

Bagi pecinta sepak bola Liga Italia atau Serie A, nama Sergej Milinkovic-Savic bukan nama sembarangan. Ia adalah tulang punggung Lazio hingga mampu kembali mendobrak papan atas.

Tapi di usia 28 tahun, Milinkovic-Savic memutuskan hijrah ke Arab Saudi dan bergabung Al Hilal. Padahal ia masih bisa menarik minat dari tim-tim besar Italia seperti Juventus, Inter Milan, dan AC Milan.

3. Jota

Jota adalah bintang dari tim Skotlandia, Celtic. Ia mencatatkan namanya sebagai bintang sejak bergabung tim tersebut pada 2021 lalu.

Di usia yang kini 24 tahun, Jota memutuskan menerima pinangan Al Ittihad. Padahal usianya tersebut masih bisa membuatnya berkarier di kasta teratas Eropa.

4. Ghislain Konan

Ghislain Konan sempat menggebrak panggung Liga Prancis bersama Stade de Reims. Penampilannya bahkan disebut-sebut bisa membuat tim-tim Eropa meminatinya.

Tapi pada 2022 lalu, Konan yang baru berusia 27 tahun malah memutuskan berkarier di Arab Saudi usai menerima pinangan Al Nassr.

5. Matheus Pereira

Matheus Pereira sempat menggebrak panggung Liga Inggris pada 2020 dan 2021 lalu bersama West Bromwich Albion, meski timnya harus terdegradasi pada musim 2020/2021.

Usai timnya degradasi, Matheus Pereira yang baru berusia 25 tahun memutuskan menerima pinangan Al Hilal pada Agustus 2021 lalu dan kini masih bertahan di Liga Arab Saudi.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More