Husna Rahmayunita
Cesc Fabregas resmi bergabung Como 1907. (Instagram/@comofootball)

Bolatimes.com - Keputusan besar diambil Cesc Fabregas yang memilih pensiun di usia 36 tahun. Hal itu diumumkan melalui akun media sosial pribadinya, Sabtu (2/7/2023).

Fabregas pensiun setelah satu musim bermain untuk klub Italia yaitu Como 1907 yang dimiliki oleh pengusaha asal Indonesia, Robert Budi Hartono.

Bersama Como di Serie B selama satu musim kemarin, Fabregas bermain sebanyak 17 kali tanpa mencetak gol. Meski begitu, ia mampu mencatatkan dua assist.

Baca Juga:
Sudah Siapkan Uang, AC Milan Ngebet Rekrut Pemain Berdarah Indonesia Tijjani Reijnders

Pensiunnya Fabregas pun menjadi kehilangan besar buat sepak bola dunia, pasalnya Fabregas punya segudang prestasi gemilang dan dianggap sebagai salah satu legenda Spanyol.

Lantas, seperti apa profil Cesc Fabregas?

Profil Cesc Fabregas

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-17 Dapat Bocoran, Pelatih Jepang Bagi Resep Sukses Juara Piala Asia U-17 2023

Cesc Fabregas, lahir pada tanggal 4 Mei 1987, adalah seorang mantan pemain sepak bola profesional Spanyol. Dia dikenal karena kemampuan teknik dan visinya yang luar biasa di lapangan.

Fabregas telah bermain untuk beberapa klub terkemuka di Eropa dan juga menjadi bagian dari tim nasional Spanyol yang sukses.

Fabregas memulai karir profesionalnya di klub Barcelona. Dia bergabung dengan akademi klub pada usia 10 tahun. Selama waktunya di Barcelona, Fabregas menjadi salah satu gelandang muda yang paling menjanjikan di dunia sepak bola.

Baca Juga:
Profil Abdurrahman Iwan, Pemain Qatar U-17 yang Bisa Dipanggil Bima Sakti ke Timnas Indonesia U-17

Namun Fabregas justru memulai karier profesionalnya bersama Arsenal pada 2003. Di sana, ia menjadi legenda dan sempat menjadi kapten tim.

Setelah lebih dari tujuh musim di London, Fabregas memutuskan pulang ke Barcelona pada 2011 sebelum akhirnya pindah ke klub London lainnya, Chelsea, pada tahun 2014.

Di Chelsea, dia juga memberikan kontribusi besar dengan menjadi pemain inti dalam memenangkan Liga Inggris dan Piala Liga Inggris.

Baca Juga:
Daftar Klub Termahal di BRI Liga 1 2023/2024: Kejutan, Dewa United Masuk 5 Besar

Selain klub-klub tersebut, Fabregas juga bermain untuk klub Prancis, AS Monaco. Total hampir empat musim di Prancis, Fabregas pindah ke Como 1907 pada musim 2022/23.

Fabregas sebetulnya punya kontrak dua musim, tapi ia memutuskan pensiun setelah melewati musim perdananya. Kini ia ditunjuk sebagai pelatih Como U-19 dan Como B.

Untuk kariernya di tim nasional Spanyol, Fabregas sendiri sudah mengantongi 110 caps sejak 2006. Ia mencatatkan 15 gol dan masuk ke dalam skuad Spanyol yang menjuarai Piala Dunia 2010 dan Euro 2008 serta 2012.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More