Rauhanda Riyantama
Pemain Fenerbahce, Arda Guler. (Instagram/10ardaguler)

Bolatimes.com - Arda Guler tiba-tiba jadi perbincangan hangat di bursa transfer musim panas 2023 setelah dirinya dikabarkan menjadi incaran Barcelona.

Pemain yang masih berusia 18 tahun tersebut dijuluki sebagai “Messi dari Turki” karena dinilai punya kemampuan mumpuni. Alhasil, Blaugrana pun ngebet memboyongnya ke Camp Nou.

Menurut laporan, Blaugrana sampai mengutus Deco, direktur olahraganya, untuk memburu Arda Guler. Barcelona coba mendapatkan pemain milik Fenerbahce itu.

Baca Juga:
2 Pemain Diaspora yang Tak Perlu Naturalisasi untuk Bela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17

Arda Guler sendiri kabarnya tak terburu-buru soal kariernya. Pemain kelahiran Ankara itu masih ingin mendapatkan menit bermain di Fenerbahce.

Perbincangan hangat soal transfer Arda Guler ini sampai menyeret nama Mesut Ozil yang dikabarkan memberi saran kepadanya untuk bertahan satu musim lagi di Fenerbahce.

Lantas, siapa sebetulnya Arda Guler ini?

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Gol Telat Anderson Selamatkan Persik Kediri dari Kekalahan Lawan Borneo FC

Profil Arda Guler

Arda Guler merupakan pemain kelahiran Ankara, Turki, pada 25 Februari 2005. Saat ini pemain berusia 18 tahun itu membela Fenerbahce.

Meski usianya masih sangat muda, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu sudah dua musim bergabung dengan tim utama Fenerbahce.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Lakoni Comeback, RANS Nusantara FC Taklukkan Persikabo 1973

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Arda Guler selama dua musim terakhir di Fenerbahce sudah mencatatkan 51 penampilan dengan catatan 9 gol dan 12 assist.

Angka-angka ini jelas menjadikan Arda Guler sebagai pemain muda potensial di dunia untuk sekarang. Terlebih, ia turut meraih gelar Piala Turki musim lalu bersama Fenerbahce.

Adapun, karier sepak bola Arda Guler dimulai dengan bergabung ke akademi Genclerbirligi pada 2014. Setelah lima tahun, ia memutuskan bergabung dengan Fenerbahce.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-17 Masuk Pot 1 Piala Dunia U-17, Media Vietnam: Mereka Bermain Buruk dan Tak Lolos Piala Asia U-17

Kariernya bersama klub yang cemerlang membuat Arda Guler meraih kesempatan membela Timnas Senior Turki. Ia melakoni debut pada 19 November 2022 dan mencetak gol pertamanya buat Turki pada 19 Juni kemarin di Kualifikasi Euro 2024.

Arda Guler dijuluki 'Messi dari Turki'. Kelihaiannya dalam melakukan dribble dan menggocek lawan membuatnya disamakan dengan La Pulga, legenda Barcelona. 

Menariknya, Arda Guler juga pemain kidal, yang terbiasa bermain di sayap kanan. Ia kerap bergerak masuk ke tengah, dan melepaskan tembakan dengan kaki kirinya. Sepintas, gaya bermain ini mirip seperti Messi di awal kariernya dulu bersama Barcelona.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More