Irwan Febri Rialdi
Karim Benzema resmi bergabung Al Ittihad. (Instagram/@ittihadclub.sa)

Bolatimes.com - Bursa transfer musim panas menuju 2023/2024 telah memunculkan sederet perpindahan pemain dari klub-klub papan atas Eropa menuju klub yang berkompetisi di Liga Arab Saudi.

Sebab, terdapat sejumlah nama pemain terkenal dari Eropa yang memutuskan mencari tantangan baru di Liga Arab Saudi. Ekspansi para pemain top ini tak terlepas dari dana segar yang digelontorkan PIF (Public Investment Fund).

Pasalnya, empat tim besar di Saudi Pro League telah resmi diakuisisi oleh klub ini. PIF kabarnya mengelola dana lebih dari 700 miliar milik pemerintah Arab Saudi. Dana segar inilah yang membuat klub-klub tersebut merekrut pemain bintang.

Baca Juga:
Sudah Latihan Bareng Tokyo Verdy, Perubahan Fisik Pratama Arhan Bikin Netizen Tak Menyangka

Sejauh ini, sudah ada lima pesepak bola yang awalnya berkarier di kompetisi top Eropa, lalu memutuskan menerima tawaran dari klub kaya Arab Saudi ini.

Yang terbaru, ada nama Hakim Ziyech yang disebut-sebut bakal menemani megabintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, yang saat ini bermain bersama Al Nassr.

Sebetulnya, sudah ada banyak pemain bintang yang coba didekati. Namun, mereka justru menolak tawaran ini demi bertahan bersama klub lamanya di Eropa.

Baca Juga:
Thailand Remuk Redam di Piala Asia U-17, Dibantai dengan Telak oleh Korea Selatan

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pesepak bola top yang telah resmi bergabung dengan klub Liga Arab Saudi pada bursa transfer ini.

1. Ruben Neves

Ruben Neves akhirnya telah mengambil keputusan besar dalam kariernya. Sempat dikaitkan dengan sejumlah klub elite seperti Manchester United dan Barcelona, pemain asal Wolverhampton Wanderes ini justru bergabung dengan klub Liga Arab Saudi, Al Hilal. 

Baca Juga:
Ayo Bersaing, Indra Sjafri Minta Pemain Lokal Tingkatkan Kualitas jika Tak Ingin Digantikan Naturalisasi

2. Kalidou Koulibaly

Selain Ruben Neves, Al Hilal juga baru saja merekrut pemain top Eropa. Kali ini, nama yang didatangkan ialah bek Chelsea, Kalidou Koulibaly. Pemain berusia 32 tahun itu dikontrak dengan durasi tiga musim dan ditebus dengan mahar sebesar 23 juta euro.

3. Edouard Mendy

Baca Juga:
Sudah Sadar Ucapannya Salah, Saddil Ramdani Janjikan Hal Ini untuk Suporter Timnas Indoneia

Selanjutnya, pemain Chelsea lainnya yang resmi angkat kaki menuju Liga Arab Saudi ialah Edouard Mendy. Kiper asal Senegal ini resmi berlabuh ke Al-Ahli setelah ditransfer dengan biaya yang mencapai 17 juta poundsterling.

4. N’Golo Kante

Al Ittihad tampaknya benar-benar serius untuk bersaing di Liga Arab Saudi. Sebab, mereka resmi merekrut gelandang asal Prancis yang sebelumnya memperkuat Chelsea, N’Golo Kante. Pemain ini kabarnya bakal mendapat gaji sebesar Rp1,2 triliun per tahun.

5. Karim Benzema

Yang terakhir, pesepak bola top dunia yang akhirnya harus meninggalkan Eropa dan melanjutkan karier di Liga Arab Saudi ialah Karim Benzema. Striker asal Prancis ini resmi bergabung dengan Al Ittihad dan bakal menerima upah sebesar Rp3,1 triliun per tahun.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More