Gagah Radhitya Widiaseno
Ilustrasi wasit pemimpin pertandingan ( ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.)

Bolatimes.com - Wasit Vietnam ternyata selangkah lebih depan ketimbang wasit Indonesia. Kini, 18 wasit Vietnam mendapatkan lisensi pelatihan Video Asissten Referee (VAR).

Dilansir dari akun Instagram @theaseanball, FIFA selaku induk organisasi sepak bola dunia memastikan sebanyak 18 wasit Vietnam telah mendapatkan lisensi pelatihan VAR.

Ke-18 wasit tersebut dipastikan memenuhi persyaratan standar VAR setelah melewati tiga tahap pelatihan.

Baca Juga:
Disebut Pahlawan dari Bangku Cadangan, Duo Pemain Garuda Select Didoakan Tampil di Piala Dunia U-17 2023

Mereka mendapat lisensi setelah menjalani sesi pelatihan ketiga selama 10 hari mulai 8 hingga 18 Juni lalu.

Kini, VAR di VIetnam telah disetujui FIFA dalam hal perlengkapan dan personel operasi. Tetapi, implementasi resmi teknologi VAR di Liga Vietnam masih membuthkan waktu yang lama.

Di Indonesia sendiri, VAR memang masih belum diberlakukan. PSSI saat ini fokus melakukan seleksi untuk wasit yang akan memimpin laga Liga 1 2023/24.

Baca Juga:
Sudah Latihan Bareng Tokyo Verdy, Perubahan Fisik Pratama Arhan Bikin Netizen Tak Menyangka

Disebutkan oleh Dirut PT Liga Baru Indonesia (LIB), Ferry Paulus, bahwa ada total 160-an wasit yang mengikuti tes dan seleksi wasit Liga 1.

Dikatakan oleh Ferry, FIFA terkejut karena dari 160-an wasit yang mengikuti seleksi, hanya 18 wasit saja yang lolos dan bakal memimpin Liga 1 musim depan.

Baca Juga:
Thailand Remuk Redam di Piala Asia U-17, Dibantai dengan Telak oleh Korea Selatan

“Teman-teman dari FIFA itu agak terkejut. Terkejutnya dari 160-an wasit yang diseleksi, wasit tengah ya, itu hanya 18 yang lolos,” ucap Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, kepada wartawan pada Rabu (21/6).

“Ini yang menjadi konsen daripada teman-teman FIFA. Apakah 18 ini betul-betul sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan oleh FIFA sebagai instruktur nantinya,” tambahnya.

Namun belakangan, pernyataan Ferry Paulus ini diluruskan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Menteri BUMN itu menyebut wasit yang mengikuti tes berjumlah 55 orang.

Dari 55 wasit yang mengikuti seleksi itu, ada 28 orang yang lolos untuk memimpin laga Liga 1. Namun demikian, hanya wasit dengan peringkat terbaik yang akan bertugas di Liga 1.

Load More