Arif Budi Setyanto
Timnas Australia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (dok.Socceross)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-17 dipastikan menjadi wakil satu-satunya dari negara ASEAN atau Asia Tenggara di ajang Piala Dunia U-17 2023. Hal itu usai Australia tumbang atas Jepang dalam perempat final Piala Asia U-17 2023.

Australia bertanding melawan Jepang dalam perempat final Piala Asia U-17 2023. Pemenang dalam pertandingan ini akan masuk ke semifinal sekaligus mengamankan tiket ke Piala Dunia U-17 2023.

Hasilnya Jepang berhasil menang dengan skor 3-1 atas The Socceros muda. Tim Samura Biru muda awalnya berhasil unggul dua gol lebih dulu melalui Gaku Nawata serta Yutaka Michiwaki.

Baca Juga:
Kiper Argentina Emiliano Martinez Memang Beda, Bawa Oleh-oleh Bantal usai Tinggalkan Indonesia

Australia sempat membangkitkan asa lewat gol Nestroy Irankunda yang memperkecil ketertinggalan. Sayangnya Jepang mencetak gol ketiga sekaligus pengunci kemenangan lewat Rento Takaoka.

Kemenangan ini mengantarkan Jepang mengunci tiket ke Piala Dunia U-17 2023. Kelolosan itu juga membuat timnas Indonesia U-17 menjadi satu-satunya negara ASEAN yang akan tampil di ajang tersebut.

Pasalnya Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah setelah ditunjuk oleh FIFA. Maka dari itu, Garuda Asia bakal mendapatkan satu slot.

Baca Juga:
Nikmati Liburan di Bali usai Lawan Timnas Indonesia, Pemain Argentina Sampaikan Pesan Menyentuh

Adapun Australia U-17 sendiri memang masuk dalam anggota Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF). Nyatanya mereka sempat ikut di Piala AFF U-16 2022.

Dalam turnamen AFF U-16 2022 tersebut, Australia tampil buruk. Mereka jadi juru kunci di Grup C karena hanya imbang lawan Malaysia dan tumbang menghadapi Myanmar serta Kamboja.

Meski begitu, Australia berhasil bangkit di Kualifikasi Piala Asia U-17. The Socceros muda pun impresif dalam fase grup Piala Asia U-17, tapi sayang harus terhenti karena tumbang dari Jepang.

Baca Juga:
Terkuak, Timnas Indonesia Ternyata Dikenal di Argentina Berkat Adanya Sosok Shin Tae-yong

Load More