Irwan Febri Rialdi
Klub Hong Kong, Lee Man FC. (Facebook/Lee Man)

Bolatimes.com - Bali United akan menghadapi Lee Man FC pada laga playoff Liga Champions Asia 2023/24. Lee Man FC sendiri merupakan wakil dari Hong Kong.

Menurut data Bali United, pertandingan kualifikasi melawan wakil Hong Kong itu dijadwalkan berlangsung pada 16 Agustus 2023. Namun, belum ditentukan lokasi dan waktu terkait pertandingan  tersebut.

Andai Bali United sukses mengatasi perlawanan Hong Kong Rangers, Spasojevic dan kawan-kawan akan melaju ke tahap selanjutnya menantang wakil Jepang, Urawa Red Diamonds. 

Baca Juga:
Tak Jadi ke Liga Indonesia, Nguyen Quang Hai Pilih Gabung Klub Milik Polisi

Juara Liga Champions Asia (ACL) musim sebelumnya itu dijadwalkan bertanding pada 22 Agustus 2023 dengan waktu dan tempat yang belum ditentukan.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Lee Man FC?

Profil Lee Man FC

Baca Juga:
Diboyong dari Thailand, Elias Dolah Perkuat Benteng Pertahanan Bali United

Sama seperti Bali United, Lee Man FC merupakan klub yang berusia muda. Klub sepak bola profesional asal Hong Kong itu baru berdiri pada 2017.

Lee Man FC punya relasi historis dengan perusahaan manufaktur Hong Kong bernama Lee & Man Chemical. Perusahaan ini awalnya menjadi sponsor utama Hong Kong Rangers FC pada 2016-2017.

Klub ini kemudian berubah nama menjadi Lee Man Rangers. Pada musim berikutnya, Lee & Man memutuskan untuk menginvestasikan uangnya dengan membangun klub baru.

Baca Juga:
Tak Dilirik Shin Tae-yong untuk FIFA Matchday, Riko Simanjutak Ingin Perkuat Timnas Indonesia

Klub ini kemudian merekrut Fung Ka Ki, mantan pemain Timnas Hong Kong sebagai pelatih pertamanya pada 3 Juli 2017. Namun, Fung Ka Ki hanya bertahan selama semusim karena timnya berada di peringkat kedelapan.

Untuk memperbaiki prestasi, Lee Man FC menunjuk Chan Hiu Ming, mantan pelatih Timnas Hong Kong dan Macau untuk menjadi pelatih baru.

Keputusan ini berbuah manis karena Chan Hiu Ming membawa Lee Man FC menjuarai Hong Kong Sapling Cup 2018/19 usai mengalahkan Yuen Long di final.

Baca Juga:
Kapan Timnas Indonesia Main di Babak Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia?

Usai perjalanan yang cukup panjang, tim yang berbasis di Tseung Kwan O Sports Ground ini menjadi runner-up Hong Kong Premier League 2022/23 dan berhak mengikuti kualifikasi Liga Champions Asia musim depan.

Saat ini, Lee Man FC dilatih oleh Tsang Chiu Tat untuk menggantikan tempat Chan Hiu Ming.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More