Rauhanda Riyantama
Gelandang Chelsea, Hakim Ziyech. (ADAM DAVY / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan bintang sepak bola Eropa yang akan hijrah ke Liga Arab Saudi menyusul Karim Benzema dan N'Golo Kante yang telah resmi bergabung Al Ittihad.

Liga Arab Saudi telah melakukan manuvernya untuk memboyong banyak bintang sepak bola Eropa, terutama bintang-bintang yang berstatus seorang Muslim.

Hal ini dibuktikan dengan kedatangan Karim Benzema dan N'Golo Kante ke Al Ittihad selaku juara Liga Arab Saudi 2022/2023.

Baca Juga:
Bali United Bidik Posisi 4 Besar, Teco: Harus Lebih Kerja Keras Lagi

Dua pemain Muslim asal Prancis itu diboyong dengan status bebas transfer, usai kontrak keduanya bersama tim-tim sebelumnya, Real Madrid dan Chelsea, habis pada musim panas 2023 ini.

Kedatangan kedua pemain bernama besar ini menyusul langkah Cristiano Ronaldo yang memang lebih dulu merumput di Liga Arab Saudi.

Megabintang asal Portugal tersebut datang ke Al Nassr pada Desember 2022 lalu, yang membuat klub-klub Arab Saudi ketagihan mendatangkan bintang.

Baca Juga:
Timnas Futsal Indonesia Wajib Waspada, Arab Saudi Sempat Bikin Kejutan Tumbangkan Juara Piala Asia Futsal 2022

Dengan kekuatan finansial yang tak memiliki batas dan dukungan dari pemerintah melalui Public Investment Fund (PIF), banyak bintang-bintang top kini digoda untuk merapat ke Arab Saudi.

Siapa saja para pemain bintang Eropa yang akan menyusul Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan N'Golo Kante ke Arab Saudi di musim panas ini? Berikut daftarnya.

1. Hakim Ziyech (Chelsea ke Al Nassr)

Baca Juga:
Erick Thohir Sebut Gaji Wasit Liga 1 Lebih Tinggi dari Menteri, Berapa Jumlahnya?

Hakim Ziyech berstatus seorang pesepak bola top Muslim di kancah Eropa. Hal ini membuat Al Nassr pun bergerak untuk mendatangkannya dari Chelsea.

Dilaporkan oleh Fabrizio Romano, kepindahannya hanya tinggal menunggu waktu saja, setelah Ziyech sepakat dengan tawaran Al Nassr, dan pihak Chelsea pun setuju dengan biaya penebusannya.

2. Kalidou Koulibaly (Chelsea ke Al Hilal)

Baca Juga:
Usai Debut di Timnas Indonesia, Duo Ivar Jenner dan Rafael Struick Dapat Julukan Baru

Chelsea juga akan kehilangan pemain Muslim lainnya ke Arab Saudi pada sosok Kalidou Koulibaly yang dikabarkan telah sepakat bergabung Al Hilal.

Al Hilal pun akan menebus Koulibaly dari Chelsea, mengingat kontraknya masih tersisa hingga 2026 usai bergabung The Blues musim lalu.

3. Edouard Mendy (Chelsea ke Al Ahli)

Kiper terbaik dunia tahun 2021, Edouard Mendy, juga akan merapat ke klub Arab Saudi, yakni Al Ahli, usai dilego oleh Chelsea.

Mendy juga merupakan salah satu pesepak bola Muslim top, karena mampu meraih prestasi apik sebagai kiper terbaik versi UEFA dan versi FIFA pada tahun 2021 lalu.

4. Ruben Neves (Wolves ke Al Hilal)

Berbeda dengan tiga nama di atas, Ruben Neves bukanlah pesepak bola Muslim yang masuk dalam rencana Arab Saudi dalam mendatangkan bintang-bintang Eropa.

Tapi, pesona Ruben Neves membuat Al Hilal pun bersedia menebusnya dari Wolverhampton Wanderers, dengan harga fantastis yakni Rp907 miliar.

5. Marcelo Brozovic (Inter Milan ke Al Nassr)

Marcelo Brozovic juga menjadi salah satu buruan Al Nassr selain Hakim Ziyech di musim panas 2023 ini. Kabarnya, pemain asal Kroasia itu tertarik bergabung tim yang dibela Cristiano Ronaldo itu.

Tapi kesepakatan ini menemui kendala yakni soal biaya transfer yang harus diberikan Al Nassr ke Inter Milan. Sejauh ini, tawaran 15 juta euro (Rp246 miliar telah ditolak oleh kubu Nerazzurri.

Selain lima pemain ini, masih ada beberapa pemain Eropa lainnya yang juga masuk radar tim-tim Arab Saudi. Berikut daftarnya.

- Thomas Partey (Arsenal)
- Saul Niguez (Atletico Madrid)
- Callum Hudson-Odoi (Chelsea)
- Matt Doherty (Tanpa Klub)
- Sergi Roberto (Barcelona)
- Luka Modric (Real Madrid)

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More