Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Indonesia dalam pertandingan persahabatan FIFA Matchday melawan Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/6/2023). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp)

Bolatimes.com - Ada empat negara dari ASEAN atau Asia Tenggara yang langsung lolos di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sayangnya, timnas Indonesia tidak termasuk.

FIFA Matchday Juni 2023 sudah selesai bergulir. Agenda itu memengaruhi posisi tim dalam pembagian pot drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Melansir dari laportan Twitter @FootyRanking, Rabu (21/6/2023), pembagian pot untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak kedua sudah terlihat. 25 tim teratas di zona Asia akan masuk langsung di putaran kedua.

Baca Juga:
Usai Lawan Argentina, Ernando Ari Kepengin Timnas Indonesia Hadapi Brasil

Akan tetapi, tim peringkat 26 sampai 47 Asia bakal berjuang dari babak pertama. Timnas Indonesia sendiri bakal berjuang dari babak pertama karena menempati urutan ke-28.

Di sisi lain, ada empat tim dari ASEAN yang lolos langsung ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka adalah Vietnam, Thailand, Filipina, dan Malaysia.

Khusus untuk Vietnam, mereka menempati pot 2. Kemudian untuk Thailand, Filipina, dan Malaysia sama-sama masuk di pot 3.

Baca Juga:
Viral karena Dampingi Pemain Timnas Argentina, Ternyata Begini Jadi Player Escort seperti Cucu Presiden Jokowi Jan Ethes

Adapun timnas Indonesia, berada di pot 4. Akan tetapi, skuad Garuda bakal diadu menghadapi tim 'unseeded' demi lolos ke babak berikutnya.

Melihat daftar tim 'unseeded', ada 11 negara yang masuk kategori 'unseeded'. Mereka adalah Makau, Mongolia, Bhutan, Laos, Brunei Darussalam, Bangladesh, Timor Leste, Pakistan, Guam, Sri Lanka, dan Kepulauan Mariana utara.

Baca Juga:
Dipuji Presiden Jokowi karena Sukses Datangkan Timnas Argentina, Begini Reaksi Tak Terduga Erick Thohir

Meski begitu, Sri Lanka disebut sedang ditangguhkan. Sehingga, calon lawan timnas Indonesia di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 adalah 10 tim dari pot 'unseeded'.

Adapun Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama ini bakal digelar secara dua leg pada 12-17 Oktober mendatang. Jika berhasil lolos, skuad Garuda nanti akan menempati pot 4 di babak kedua.

Sementara itu, jatah tim yang bertanding di Piala Dunia 2026 ini akan bertambah menjadi 48 kontestan. Besar kemungkinan zona Asia punya wakil baru.

Baca Juga:
Usai Lawan Timnas Indonesia, Pemain Argentina Pilih Liburan di Pulau Komodo

Pasalnya Asia memiliki jatah slot 8 1/3. Artinya delapan tim langsung lolos ke Piala Dunia 2026 dan satu tim akan memperebutkan via slot playoff antarkonfederasi.

Load More