Husna Rahmayunita
Timnas Malaysia U-17. (Instagram/@famalaysia)

Bolatimes.com - Mayoritas negara ASEAN tidak bisa berbicara banyak di ajang Piala Asia U-17 2023. Mereka kesulitan bahkan beberapa  tim langkahnya dipastikan terhenti di fase grup.

Sebagai informasi, Piala Asia U-17 2023 telah dimulai sejak 15 Juni lalu hingga 2 Juli 2023 mendatang. Thailand kali ini ditunjuk menjadi tuan rumah.

Total ada 16 tim yang mengikuti putaran final Piala Asia U-17 tahun ini. Tercatat hanya ada empat wakil Asia Tenggara yang lolos ke putaran final.

Baca Juga:
Stefano Lilipaly Legawa Tak Dimainkan di FIFA Matchday, Pemain Timnas Indonesia Respek

Namun dalam drawing yang dilakukan, hasil pengundian tidak memihak buat negara-negara ASEAN karena mayoritas tergabung dalam satu grup.

Thailand, Laos, dan Malaysia semuanya bergabung di Grup A. Hanya Vietnam yang berada di Grup D. Lantas, bagaimana nasib para tim ASEAN di Piala Asia U-17 2023?

Dari empat negara ASEAN yang ikut, dua negara sudah dipastikan angkat koper dari kompetisi ini.

Baca Juga:
Begini Perasaan Elkan Baggott usai Bikin Emiliano Martinez Ketar-ketir, Nama Pratama Arhan Disebut-sebut

Dua negara tersebut adalah Laos dan Malaysia. Kedua tim tersebut sama-sama belum meraih kemenangan dalam dua laga yang dijalani.

Malaysia bahkan langsung dibantai 0-4 pada pertandingan pertama oleh Yaman. Kemudian di laga kedua melawan Thailand, mereka kembali dihajar 0-3.

Sementara untuk Laos, mereka kalah tipis 1-2 dari Thailand di laga pertama. Laos kembali memberi perlawanan saat melawan Yaman, namun akhirnya menyerah 1-2.

Baca Juga:
Jilat Ludah Sendiri, Lionel Scaloni Diam-diam Amati Cara Lemparan ke Dalam Jarak Jauh Pratama Arhan

Oleh karena itu, pertemuan antara Laos vs Malaysia di laga terakhir Grup A Piala Asia U-17 2023 hanya akan menjadi laga formalitas untuk menentukan siapa yang menduduki peringkat ketiga.

Untuk Thailand sendiri, mereka sudah dipastikan lolos ke babak perempat final usai meraih dua kemenangan. Laga melawan Yaman pada Rabu (21/6) akan menentukan siapa yang keluar sebagai juara Grup A.

Di Grup D, nasib Vietnam berada di ujung tanduk. Dari dua laga, The Golden Star baru meraih satu kali imbang dan sekali kalah. Hasil ini membuat mereka untuk sementara ada di dasar klasemen.

Baca Juga:
Stefano Lilipaly Beri Respons Berkelas Meski Tidak Main di FIFA Matchday Juni 2023, Netizen: Dewasa Banget!

Vietnam masih punya peluang untuk lolos dengan syarat bisa mengalahkan Uzbekistan di laga terakhir, Jumat (23/6).

Namun misi ini tidak mudah karena Vietnam harus menang dengan minimal selisih 5 gol atas Uzbekistan untuk meloloskan diri ke perempat final.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More