Irwan Febri Rialdi
Zico Soree resmi dikontral Willem. (Instagram/@willemii)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Indonesia-Belanda yang tak jadi dinaturalisasi PSSI, Zico Soree, akhirnya mendapatkan kontrak profesional bersama klub kasta kedua Liga Belanda, Willem II Tilburg.

Sebelumnya, Zico Soree sudah bergabung ke tim Willem II U-21 sejak Januari 2023 dan mengemas 9 gol dari 14 penampilan. Yang terkini, ia resmi mendapat kontrak profesional pertama dari klub.

Pemain berusia 20 tahun ini merasa bahagia mendapat kontrak profesional secara resmi dari Willem II Tilburg.

Baca Juga:
Update Ranking FIFA: Thailand Gagal Perlebar Jarak dengan Timnas Indonesia

"Saya sangat berterima kasih kepada Willem II atas kepercayaannya," ungkapnya seperti dikutip dari @footballtalentasia.

"Saya datang ke sini selama liburan musim dingin, dan klub telah menciptakan situasi yang sempurna bagi saya untuk menampilkan yang terbaik. Untungnya saya dapat membayarnya kembali dan membuat kontrak" sambungnya.

Sosok Zico Soree cukup familiar di kalangan pencinta sepak bola Tanah Air. Sebab namanya sempat masuk dalam rencana naturalisasi Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Kejutan! Timnas Thailand Ditahan Imbang Negara Peringkat 156 Dunia di FIFA Matchday

Namun dalam perkembangannya, Zico Soree batal dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20 karena belum memenuhi kriteria Shin Tae-yong, sedangkan Rafael Struick tetap berlanjut.

Profil Willem II Tilburg

Sebagai informasi, Willem II atau yang biasa dikenal sebagai Willem II Tilburg, merupakan sebuah klub profesional yang berbasis di Tilburg, Belanda. Klub ini berkompetisi di ajang Eerste Divisie, atau kasta kedua Liga Belanda.

Baca Juga:
Berterima Kasih, Argentina Merasa Senang Bisa Berada di Indonesia

Pasalnya, pada kompetisi Eredivisie musim 2021-2022, mereka terdegradasi ke kasta kedua. Awalnya, klub yang sudah berdiri pada 12 Agustus 1986 ini bernama Tilburgia.

Namun, pada 12 Januari 1989, klub ini akhirnya berubah nama menjadi Willem II yang diambil dari Raja Belanda William II (1972-1849). Raja William II memang sempat membangun markas di Tilburg pada masa Revolusi Belgia.

Itulah sebabnya, Willem II menggunakan tiga warna kebesaran yang menjadi identitasnya, yakni merah-putih-biru secara vertikal yang juga menyimbolkan bendera Belanda.

Baca Juga:
Bocoran Tempat Menginap Pemain Argentina di Jakarta, Rekan Emiliano Martinez Beri Kode di Tempat Ini

Pada masa-masa awalnya, Willem II menggunakan Stadion Gemeentelijk Sportpark Tilburg. Namun, pada 1998, markasnya pindah ke Koning Willem II Stadion. Sejak saat itum klub ini berbasis di sana.

Sepanjang sejarahnya, Willem II pernah tiga kali kali meraih gelar juara Eredivisie, yakni pada 1916, 1952, dan 1955. Mereka juga meraih dua trofi KNVP Cups pada 1944 dan 1963.

Adapun di jenjang kasta kedua alias Eerste Divisie, mereka juga tiga kali mendapatkan mahkota gelar juara, yaitu pada edisi 1958, 1965, dan 2014.

Klub ini memang sudah sering menyuplai banyak pemain ke Timnas Belanda. Beberapa nama yang cukup terkenal ialah Jan van Roessel, Joris Mathijsen, Jaap Stam, Frenkie de Jong, Marc Overmars, dan Virgil Van Dijk.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More