Husna Rahmayunita
Klub Hong Kong Lee Man. (Instagram/@leeman_footballclub)

Bolatimes.com - Bali United akan melanjutkan perjuangannya di fase playoff Liga Champions Asia 2023 menghadapi wakil Hong Kong, Lee Man FC, setelah berhasil menumbangkan PSM Makassar.

Sebelum berjumpa Lee Man FC, Bali United memang sempat menang secara dramatis atas PSM Makassar di babak play-off Liga Champions Asia 2023. Bahkan, penentuannya harus melalui drama adu penalti.

Serdadu Tridatu sukses menumbangkan Juku Eja via adu penalti dengan skor 5-4. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1 pada leg kedua. Hasil imbang ini membuat agregat sama kuat dengan kedudukan 2-2.

Baca Juga:
Usai Jalani Pemusatan Latihan Timnas Indonesia, Dimas Drajad Sebut Kata 'Gak Bahaya Ta', Ini Alasannya

Nantinya, duel antara Bali United melawan Lee Man FC juga bakal berlangsung dalam dua leg. Leg pertama akan berlangsung pada Selasa (8/8/2023). Sedangkan leg kedua digelar pada Selasa (15/8/2023).

Anak asuh Stefano Cugurra tentunya harus bisa mengatasi perlawanan Lee Man FC andai ingin lolos ke putaran final Liga Champions Asia 2023. Pasalnya, masih ada langkah lanjutan yang nantinya akan dilewati.

Tentu saja, menumbangkan Lee Man FC menjadi misi wajib menang bagi Serdadu Tridatu untuk bisa pertama kali tampil di kompetisi antarklub paling elite di kawasan Asia ini.

Baca Juga:
2 Pemain Ulsan Hyundai Dituduh Berkomentar Rasis, Nama Pesepak Bola dari Asia Tenggara Ikut Terseret

Profil Lee Man FC

Tak jauh berbeda dengan Bali United, Lee Man FC merupakan klub sepak bola profesional asal Hong Kong yang usianya terbilang muda. Sebab, klub yang berbasis di Tseung Kwan O ini baru dibentuk pada 2017.

Apabila merujuk pada catatan sejarahnya, Lee Man FC punya relasi historis dengan perusahaan manufaktur Hong Kong bernama Lee & Man Chemical. Perusahaan ini awalnya menjadi sponsor utama Hong Kong Rangers FC pada 2016-2017.

Baca Juga:
Tak Cuma Bintang Palestina, Striker Timnas Indonesia Ini Ikut Berikan Pujian Selangit untuk Stadion GBT

Karena ikatan kerja sama itu, klub ini kemudian berubah nama menjadi Lee Man Rangers. Pada musim berikutnya, Lee & Man memutuskan untuk menginvestasikan uangnya dengan membangun klub baru.

Mereka membayar satu juta dollar Hong Kong sebagai biaya yang harus dikeluarkan untuk bergabung menjadi anggota Hong Kong Football Association (HKFA) dan mendapat lisensi berkompetisi di Hong Kong Premier League.

Klub ini kemudian merekrut Fung Ka Ki, mantan pemain Timnas Hong Kong sebagai pelatih pertamanya pada 3 Juli 2017. Namun, Fung Ka Ki hanya bertahan selama semusim karena timnya berada di peringkat kedelapan.

Baca Juga:
3 Sinyal Kuat Justin Hubner bakal Lanjutkan Naturalisasi, Timnas Indonesia Makin Ngeri!

Pada 21 Mei 2018, Lee Man menunjuk mantan pelatih Timnas Hong Kong dan Timnas Macau, Chan Hiu Ming, sebagai pelatih barunya. Di bawah asuhan sang juru taktik, Lee Man sukses meraih gelar juara pertamanya.

Ketika itu, skuad asuhan Chan Hiu Ming tampil mengesankan hingga melaju ke fase final Hong Kong Premier League 2018-2019 dan menumbangkan Yuen Long dengan skor tipis 3-2.

Keberadaan Lee Man FC di fase play-off Liga Champions Asia 2023 ini tak terlepas dari statusnya sebagai runner-up Liga Primer Hong Kong musim 2022-2023.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More