Rauhanda Riyantama
Liverpool Juara Liga Champions 2005. Sumber: Dok. The Courier Mail

Bolatimes.com - Berikut daftar tim asal Inggris yang berhasil menjuarai Liga Champions, seiring keberhasilan Manchester City masuk daftar elite tersebut.

Manchester City berhasil masuk daftar tersebut usai mengalahkan Inter Milan di final Liga Champions 2022/23, Minggu (11/6).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Olimpiade Ataturk itu, tim arahan Pep Guardiola ini bisa mengalahkan lawannya dengan skor 1-0.

Baca Juga:
Bintang Timnas Thailand Kasih Panggilan Baru ke Elias Dolah yang Gabung Bali United

Adapun satu-satunya gol yang dicetak Manchester City di laga final itu dibuat oleh gelandangnya, Rodri, lewat sepakan terukur di menit ke-68.

Usai peluit panjang dibunyikan, tim berjuluk The Citizens ini langsung merayakan gelar juara Liga Champions yang merupakan gelar pertama dalam sejarah klub di ajang ini.

Keberhasilan ini membawa Manchester City masuk daftar elite sebagai salah satu dari enam tim Inggris yang berhasil menjuarai kompetisi antarklub paling bergengsi se Eropa dan dunia tersebut.

Baca Juga:
Alih-alih Bermain Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday, Lionel Messi Disebut Pilih Liburan

Selain itu, keberhasilan ini membuat Inggris menjadi negara dengan tim terbanyak yang mampu menjuarai Liga Champions, baik dengan format saat ini atau format Piala Champions/European Cup.

Inggris tercatat memiliki enam klub yang mampu menjuarai Liga Champions dengan total 15 gelar, hanya kalah dari Spanyol yang punya 19 gelar dari dua klub saja.

Lantas, tim Inggris mana saja yang berhasil menjuarai Liga Champions? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Makin Kompak, Syahrul Trisna Puji Ivar Jenner saat Latihan Bareng Timnas Indonesia

1. Liverpool

Liverpool menjadi tim Inggris tersukses di Liga Champions dengan torehan enam gelar yang didapat baik di format saat ini maupun saat masih bernama Piala Champions/European Cup.

Tim berjuluk The Reds ini meraih trofi Si Kuping Besar masing-masing pada musim 1976/1977, 1977/1978, 1980/1981, 1983/1984, 2004/2005, dan 2018/2019.

Baca Juga:
Dedikasi Maksimal Pratama Arhan, Datang Dari Jepang Langsung Ikut Latihan Timnas Indonesia

2. Manchester United

Manchester United menyusul Liverpool sebagai tim Inggris dengan gelar Liga Champions terbanyak kedua, yakni dengan jumlah tiga gelar.

Tiga gelar ini didapat dengan rincian satu gelar saat masih bernama European Cup pada 1967/1968 dan dua gelar di format Liga Champions saat ini yakni pada 1998/1999 dan 2007/2008.

3. Nottingham Forest

Nottingham Forest menjadi salah satu pesaing Liverpool di akhir 70 an, baik di Inggris maupun di Eropa, yang tercermin dari dua gelar Liga Champions yang didapat.

Bersama pelatih legendaris Brian Clough, tim berjuluk The Tricky Trees ini mampu menjuarai Liga Champions secara Back to Back saat masih bernama European Cup pada musim 1978/1979 dan 1979/1980.

4. Chelsea

Chelsea menyusul torehan Nottingham Forest di masa silam berkat dua gelar Liga Champions yang didapat di format saat ini.

Tim berjuluk The Blues ini mampu menjadi kampiun Lliga Champions pada musim 2011/2012 yang jadi gelar pertamanya dan 2020/2021 yang jadi gelar keduanya.

5. Aston Villa

Aston Villa pun masuk daftar elite ini kala membuat kejutan dengan menjuarai Liga Champions pada awal 80 an saat masih bernama European Cup.

Tim berjuluk The Villans ini mampu meraih gelar Liga Champions pertamanya itu dengan mengalahkan tim kuat, yakni Bayern Munich di final.

6. Manchester City

Manchester City menjadi nama terbaru yang masuk daftar ini usai menjuarai Liga Champions 2022/2023 atas Inter Milan di partai final.

Gelar Liga Champions ini menjadi gelar pertama Manchester City, usai sebelumnya sempat gagal menjadi juara pada final melawan Chelsea di musim 2020/2021 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More