Rauhanda Riyantama
Riyad Mahrez juara Liga Champions bareng Manchester City. (Twitter)

Bolatimes.com - Setidaknya ada lima pesepak bola Muslim atau beragama Islam yang tampil di final Liga Champions 2022/2023 dari dua tim beradu di babak tersebut, yakni Manchester City dan Inter Milan.

Sebagaimana diketahui, final Liga Champions 2022/2023 telah diselenggarakan di Stadion Olimpiade Ataturk Istanbul, Turki, Minggu (11/6) dini hari WIB.

Di partai final itu, Manchester City mampu keluar sebagai pemenang usai membungkam Inter Milan dengan skor tipis 1-0.

Baca Juga:
Profil Rodri, Pahlawan Manchester City Juara Liga Champions

Dalam laga tersebut, tim asal Inggris itu mampu mengalahkan Inter Milan lewat gol tunggal dari Rodri di babak kedua, tepatnya di menit ke-68.

Berkat kemenangan itu, Manchester City pun mampu meraih gelar Liga Champions perdananya dalam sejarah berdirinya klub.

Selain itu, gelar Liga Champions ini membuat tim berjuluk The Citizens itu mencatatkan Treble Winners, usai menjuarai Liga Inggris dan Piala FA.

Baca Juga:
Tragis! 3 Tim Italia Tumbang di Final Kompetisi Eropa Musim Ini, Inter Milan Jadi Korban Terakhir

Terlepas dari keberhasilan Manchester City itu, di final Liga Champions 2022/2023 terdapat fakta menarik, di mana ada lima pemain Muslim atau beragama Islam yang hadir.

Lima pemain itu berasal dari dua klub yang bertanding, Manchester City dan Inter Milan. Lantas, siapa saja pemain Muslim di final Liga Champions 2022/2023?

1. Ilkay Gundogan

Baca Juga:
Jadwal Final Singapore Open 2023: Jadi Satu-satunya Wakil Indonesia, Anthony Ginting Ditantang Anders Antonsen

Ilkay Gundogan adalah pemain Muslim berkebangsaan Jerman yang menjadi kapten sekaligus pilar bagi Manchester City.

Pada final Liga Champions 2022/2023, Gundogan tampil sebagai starter dan menjabat sebagai kapten. Ia pun berhasil menuntun rekan-rekannya menjuarai kompetisi ini.

2. Edin Dzeko

Baca Juga:
Sempat Diragukan karena Cedera, Ini Reaksi Saddil Ramdani usai Gabung TC Timnas Indonesia

Edin Dzeko adalah penyerang gaek Inter Milan yang berasal dari Bosnia-Herzegovina. Siapa sangka, ia juga merupakan pemain Muslim.

Di final Liga Champions 2022/2023, penyerang berusia 37 tahun ini tampil sebagai starter di lini serang Inter Milan, berduet dengan Lautaro Martinez.

3. Samir Handanovic

Inter Milan tak hanya punya pemain Muslim pada sosok Dzeko saja. Masih ada pemain gaek lainnya yang memeluk agama Islam, yakni Samir Handanovic.

Kiper berusia 38 tahun itu dicadangkan pada partai final, usai pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi, memilih mempercayakan pos penjaga gawang pada sosok Andre Onana.

4. Riyad Mahrez

Riyad Mahrez merupakan penggawa Muslim lainnya dari Manchester City. Ia sendiri memeluk agama Islam karena berasal dari negara Muslim, yakni Aljazair.

Pada final Liga Champions 2022/2023, Mahrez tak diturunkan oleh Pep Guardiola. Sehingga ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

5. Hakan Calhanoglu

Hakan Calhanoglu menjadi pemain Muslim lainnya di final Liga Champions 2022/2023. Ia tampil sebagai starter bagi Inter Milan pada partai final tersebut.

Calhanoglu sendiri memeluk agama Islam karena silsilah keluarganya. Ia juga merupakan pemain dari negara Muslim, yakni Turki.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More