Rauhanda Riyantama
Inter Milan gagal juara Liga Champions usai dikalahkan Manchester City 1-0. (Twitter/Intermilan)

Bolatimes.com - Nasib sial tiga klub Italia di final kompetisi Eropa musim 2022-2023, satu per satu tumbang dan hanya menjadi runner-up turnamen.

Trio klub Liga Italia, Inter Milan, AS Roma dan Fiorentina sukses menapakan kaki di partai puncak kompetisi Eropa musim ini.

Sayangnya satu per satu dari klub Italia ini menuai hasil tak memuaskan setelah hanya menjadi terbaik kedua kompetisi.

Baca Juga:
Jadwal Final Singapore Open 2023: Jadi Satu-satunya Wakil Indonesia, Anthony Ginting Ditantang Anders Antonsen

Dimulai dari AS Roma bersama Jose Mourinho yang tampil menggila di Liga Italia maupun kompetisi internasional Eropa.

AS Roma melaju ke final Liga Europa usai mengalahkan wakil Jerman, Bayer Leverkusen dengan skor tipis 1-0 di babak semifinal.

Agregat 1-0 bertahan setelah Paulo Dybala dkk menahan imbang Leverkusen di markas lawan dengan skor 0-0.

Baca Juga:
Jelang Lawan Timnas Indonesia, Striker Argentina Cetak Rekor Langka usai Raih Gelar Liga Champions

Bermodal gelar juara di Liga Konferensi Eropa musim lalu, Mourinho gagal memberi trofi kedua untuk pasukan Serigala Roma.

Menantang Sevilla, sang pakar Liga Europa di partai final musim 2022-2023 belum memberi keberuntungan bagi AS Roma.

Sempat bermain imbang dengan skor 1-1 di waktur normal hingga babak tambahan, AS Roma dipaksa menelan kekalahan dalam adu penalti dengan skor akhir 4-1.

Baca Juga:
Profil Moussa Sidibe, Eks JDT yang Kini Jadi Pemain Asing Anyar Persis Solo

Berlanjut ke Fiorentina yang menjadi lawan wakil Inggris, West Ham United di partai final Liga Konferensi Eropa musim ini.

Gol menit akhir Jarrod Bowen pada menit ke-90 menghancurkan asa skuad asuhan Vincenco Italiano meraih trofi dalam dua dekade terakhir.

Kali terakhir La Viola merengkuh gelar juara terjadi pada musim 2000-2001 di ajang Coppa Italia dan lebih jauh lagi pada tahun 1999 lewat gelar juara Piala Intertoto.

Baca Juga:
Profil Romel Morales, Jebolan River Plate yang Dirumorkan Segera Dinaturalisasi Timnas Malaysia

Fiorentina kalah dengan skor 1-2 dari West Ham United di partai final Liga Konferensi Eropa musim ini dan menjadi tim Italia kedua yang gagal di final kompetisi.

Terakhir Inter Milan, tim yang digadang-gadang bakal memberi gelar juara untuk wakil Italia di kompetisi Eropa ini juga tak berdaya di partai final.

Nerazzurri kalah di waktu normal dengan skor akhir 0-1, gol semata wayang laga yang digelar di Istanbul, Turki itu dicetak Rodri pada menit ke-68.

Inter pun gagal mengulangi kesuksesan pada musim 2010, sementara Man City sukses meraih gelar Liga Champions pertama sepanjang sejarah mereka.

Selain itu Man City juga sukses mengulang kesuksesan Inter di musim 2010 lalu, yakni mengoleksi treble winnner lewat gelar juara Liga Champions.

Kontributor: Eko
Load More