Rauhanda Riyantama
Striker Uruguay U-20, Anderson Duarte. (Instagram/duartee__10)

Bolatimes.com - Anderson Duarte akhirnya menjadi sosok pemain yang berhasil menghentikan laju Israel di Piala Dunia U-20 2023.

Ia menjadi sosok pahlawan Uruguay yang mencetak gol penentu kemenangan atas Israel di babak semifinal. Duel yang berlangsung di Estadio Unico Diego Armando Maradona, Jumat (9/6) itu, Uruguay menang 1-0 atas Israel.

Israel sendiri tampil lebih mendominasi sepanjang pertandingan, tapi Uruguay mampu memanfaatkan setiap peluang dengan efektif.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Mengaku Teman Dekat, Lionel Messi Terkejut Jordi Amat Bela Timnas Indonesia

Alhasil, Anderson Duarte berhasil mencetak gol di menit ke-61 yang tak bisa dibalas oleh Israel hingga pertandingan rampung.

Di partai final Piala Dunia U-20 2023, Uruguay akan menghadapi Italia pada Senin (12/6/2023). Italia sendiri lolos usai menyingkirkan Korea Selatan 2-1.

Lantas, siapa sosok Anderson Duarte sendiri yang berhasil bikin Israel angkat kaki dari Piala Dunia U-20 2023?

Baca Juga:
Juara Bertahan Gugur di Singapore Open 2023, Leo/Daniel Alihkan Fokus ke Indonesia Open

Profil Anderson Duarte

Sosok dengan nama lengkap Anderson Nathael Duarte da Silva ini merupakan pesepakbola muda Uruguay yang lahir di Tacuarembo pada 23 Maret 2004.

Karier sepak bola Duarte dimulai dengan masuk ke akademi sepak bola Defensor Sporting, Uruguay. Di klub ini pula ia menjalani debut profesional.

Baca Juga:
Pakar Sepak Bola Vietnam Iri dengan Gaji di Liga Indonesia, Sarankan Pemainnya Segera Hijrah

Anderson Duarte melakoni debut profesionalnya bersama Defensor Sporting pada 10 November 2021 di laga Liga Uruguay melawan Uruguay Montevideo.

Di musim 2021 tersebut, Duarte belum banyak mendapat kesempatan dengan hanya tampil tiga kali di semua lintas kompetisi.

Kesempatan besar baru datang buat Duarte di musim 2022. Tercatat ia diberi kesempatan bermain dalam 21 pertandingan dengan torehan dua gol dan satu assist.

Baca Juga:
Netizen Indonesia Kritik Vietnam yang Berencana Panggil 20 Pemain Keturunan, Singgung Pak Hang-seo

Pada musim 2022 itu pula Anderson Duarte berhasil meraih trofi pertamanya saat mengantarkan Defensor Sporting menjuarai Piala Uruguay.

Untuk kariernya bersama tim nasional Uruguay, Duarte merupakan jebolan Uruguay U-15 dan kini menjadi andalan di Uruguay U-20.

Di Piala Dunia U-20 2023, Anderson Duarte tampil lima kali dan mampu mencetak tiga gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More