Rauhanda Riyantama
Inter Miami. (Instagram/@intermiamicf)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Inter Miami, klub seumur jagung asal Amerika Serikat yang bikin geger usai berhasil mendatangkan Lionel Messi.

Pasca kontraknya bersama Paris Saint-Germain usai, Messi memutuskan melanjutkan kariernya ke Major League Soccer (MLS) bersama Inter Miami.

Keputusannya itu cukup mengejutkan, mengingat pemain berjuluk La Pulga ini mendapat tawaran dari berbagai pihak, seperti mantan klubnya, Barcelona, dan klub Arab Saudi.

Baca Juga:
Kakinya Diinjak Shin Tae-yong, Marselino Ferdinan Cuma Tersenyum Tak Bisa Melawan

Bahkan klub Arab Saudi pun tak main-main dalam melakukan manuvernya demi mendatangkan pemain berusia 35 tahun itu.

Dilaporkan bahwa klub Arab Saudi yakni Al Hilal memberikan penawaran sebesar 1,5 miliar euro (Rp23,9 miliar) untuk kontrak tiga tahun.

Namun tawaran fantastis itu kemudian mendapat penolakan dari Messi yang telah membulatkan tekadnya untuk bergabung Inter Miami.

Baca Juga:
Bintang Dunia Tertarik Gabung Bali United, Dulu Mesut Ozil Terkini Jesse Lingard

Usut punya usut, Messi memutuskan bergabung Inter Miami karena demi keluarganya, usai pengalaman buruk selama dua tahun di Paris Saint-Germain.

Padahal di Inter Miami sendiri Messi hanya akan mendapat bayaran yang tak begitu wah, yakni hanya sekitar 50 juta euro (Rp799 miliar) per tahunnya.

Terlepas dari keputusan Messi itu, keberhasilan Inter Miami mendatangkannya membuat klub ini pun menjadi perbincangan.

Baca Juga:
Diperkuat Mantan Kapten Israel, Timnas Palestina Terbang ke Indonesia Akhir Pekan

Lantas seperti apa sepak terjang Inter Miami itu? Berikut profilnya.

Klub Bau Kencur Milik David Beckham

Inter Miami bukanlah tim tradisional atau tim yang telah berdiri lama di sepak bola Amerika Serikat. Tim ini sendiri baru berusia lima tahun, usai didirikan pada 2018 lalu.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Benarkah PSSI Rekrut Jose Mourinho Jadi Direktur Teknik?

Kehadiran Inter Miami sendiri tak lepas dari sosok David Beckham yang punya opsi memiliki klub ekspansi yang ada dalam kontraknya saat bergabung Los Angeles Galaxy pada 2007 silam.

Saat bergabung LA Galaxy, Beckham mendapat hak untuk membeli klub ekspansi dengan harga 25 juta euro saja. Sehingga pada 2014, ia mengaktifkan opsi itu pasca pensiun dari sepak bola.

Kemudian lahirlah Miami Beckham United, yang merupakan grup investasi dari sang mega bintang bersama Simon Fuller dan Marcelo Claure.

Singkat cerita, pada Januari 2018 Miami Beckham United kemudian mendirikan Inter Miami sebagai klub ke-25 di MLS dan direncanakan masuk liga pada 2020.

Usai resmi masuk MLS pada 2020, Inter Miami pun melakoni musim pertamanya dengan mendatangkan banyak bintang seperti Gonzalo Higuain dan Blaise Matuidi.

Sayangnya perjalanan Inter Miami di musim pertamanya itu berakhir di babak Play-in usai tumbang dari Nashville SC dengan skor 0-3

Di musim keduanya atau tahun 2021, Inter Miami mendatangkan pemain bintang lainnya seperti Kieran Gibbs dan Ryan Shawcross, bersamaan dengan hadirnya Phil Neville sebagai pelatih.

Tapi tim berjuluk The Herons ini gagal berbicara banyak usai kalah di ronde pertama Play-off dari New York City FC.

Perjalanan Inter Miami di musim ketiganya atau tahun 2023 ini pun tak terbilang baik. Saat Messi dipastikan bergabung, The Herons saat ini berada di posisi juru kunci dari usai kalah 11 kali dari 16 pertandingan yang dilakoni.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More