Irwan Febri Rialdi
Pratama Arhan unjuk gigi skill lemparan maut bersama Tokyo Verdy (Twitter/TokyoVerdySTAFF)

Bolatimes.com - Pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan, sukses mencuri perhatian publik setelah berhasil melakukan lemparan ke dalam yang membuahkan gol untuk Tokyo Verdy pada ajang Piala Kaisar 2023.

Pada lanjutan Piala Kasiar 2023 ini, Pratama Arhan sukses mendapatkan kesempatan bermain penuh ketika Tokyo Verdy menumbangkan Thespakusatsu Gunma, Rabu (7/6/2023).

Pada pertandingan ini, Tokyo Verdy dan Thespakusatsu Gunma sebetulnya sempat bermain imbang dengan skor 1-1 setelah terjadi aksi saling berbalas gol. 

Baca Juga:
Perbandingan Gaji Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo di Arab Saudi, Siapa Lebih Tinggi?

Pada akhirnya, gol penentu kemenangan Tokyo Verdy pada pertandingan ini baru tercipta pada menit ke-83. Gol itu terlahir lewat aksi bunuh diri dari pemain Thespakusatsu Gunma.  

Meski begitu, Pratama Arhan punya andil besar dalam gol tersebut. Pemain asal Blora ini menunjukkan senjata rahasianya, yakni lemparan ke dalam jarak jauh.

Nah, bola lemparan Arhan melaju deras ke kotak penalti lawan. Kemelut terjadi tapi pemain Gunma salah mengantisipasi hingga terjadi gol diri, sehingga membuat Tokyo Verdy menang 2-1.

Baca Juga:
Gabung Persis Solo, Ramadhan Sananta Disambut Pemain dari Argentina

Performa yang dicatatkan Pratama Arhan ini memang cukup spesial. Apalagi, aksinya tersebut dilakukan di kejuaraan legendaris sepak bola Jepang, yakni Piala Kaisar.

Mengenal Piala Kaisar

Piala Kaisar atau disebut Emperor’s Cup, merupakan sebuah turnamen yang melibatkan klub-klub dari seluruh Jepang.  Ini merupakan kejuaraan yang memiliki tradisi terpanjang sejak tahun 1921. 

Baca Juga:
Jesse Lingard Tertarik Bergabung, Bali United: Kuota Pemain Asing Lengkap?

Sebab, turnamen Piala Kaisar sudah digelar jauh sebelum pembentukan kompetisi elite J.League, Japan Football League, ataupun kompetisi yang lebih awal muncul, Japan Soccer League.

Sebelum Perang Dunia 2, klub-klub yang bisa berpartisipasi pada kejuaraan ini tak hanya berasal dari Jepang saja, tetapi juga datang dari negara-negara jajahan Kekaisaran Jepang seperti Korea, Taiwan, hingga Manchukuo.

Klub yang berhasil menjuarai Piala Kaisar ini juga akan mendapatkan satu tiket otomatis untuk berpartisipasi di ajang Liga Champions Asia dan Piala Super Jepang.
Sebagai sebuah turnamen yang menentukan klub sepak bola terbaik di Jepang, Piala Kaisar saat ini melibatkan semua klub dari anggota Federasi Sepak Bola Jepang (JFA), mulai dari J1, J2, J3, JFL, Liga Regional, hingga tim perguruan tinggi dari seluruh negeri,

Baca Juga:
Segrup dengan Timnas Indonesia U-23, Malaysia Panggil Pemain dari Eropa untuk Piala AFF U-23 2023

Sebagai informasi, Piala Kaisar juga menjadi salah satu dari dua turnamen sepak bola nasional terkenal yang dinamai menurut seorang raja. Satu turnamen lainnya ialah Copa del Rey di Spanyol.

Sejak pembentukan J.League pada 1991, tim-tim profesional di kasta tertinggi Liga Jepang menjadi dominan di kejuaraan ini. 

Meskipun demikian, format turnamen sistem gugur yang diterapkan di Piala Kaisar membuka peluang bagi tim amatir untuk mengalahkan skuad elite dari J.League.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More