Rauhanda Riyantama
Potret pemain Al Ittihad. (AFP)

Bolatimes.com - Klub Arab Saudi, Al Ittihad, dikabarkan resmi mendapatkan jasa Karim Benzema usai dipastikan meninggalkan Real Madrid musim panas nanti.

Madrid resmi mengumumkan kepergian penyerang asal Prancis itu pada Minggu (4/6/2023). Pemilik satu gelar Ballon d'Or tersebut tak akan memperpanjang kontraknya di Los Blancos.

Dengan begini, Benzema akhirnya menyudahi kariernya di Madrid, yang berjalan selama 14 tahun. Selanjutnya, eks pemain Lyon itu kabarnya akan melanjutkan karier ke Arab Saudi.

Baca Juga:
Songong, Media Vietnam Sebut Doan Van Hau Kemahalan Buat Klub Indonesia

Nah, Al Ittihad yang merupakan juara Saudi Pro League 2022/23, paling santer dikaitkan bakal mendapat tanda tangan sang pemain berusia 34 tahun itu.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Al Ittihad sendiri? Berikut ulasan profilnya!

Profil Al Ittihad

Baca Juga:
5 Pesepak Bola Top yang Pensiun di Usia 40 Tahun, Terkini Zlatan Ibrahimovic

Al Ittihad merupakan klub sepak bola tertua di Arab Saudi yang sudah berdiri sejak 26 Desember 1927. Klub berjuluk Tigers of Asia tersebut satu angkatan dengan AS Roma hingga Dynamo Kyiv.

Pada awalnya, klub sepak bola Al Ittihad dibentuk sebagai wadah hiburan untuk masyarakat di Jeddah, Arab. Namun seiring berjalan waktu, para pendiri Al Ittihad menjadikan klub ini sebagai klub profesional.

Kendati begitu, masa keemasan Al Ittihad baru hadir pada era 1990-an hingga 2000-an. Berbagai gelar domestik, regional, hingga internasional berhasil direngkuh.

Baca Juga:
Kejutan, 3 Pemain Muslim Bantu Israel Lolos ke Semifinal Piala Dunia U-20 2023

Untuk torehan prestasi, Al Ittihad tercatat mengantongi 9 gelar juara Liga Pro Arab Saudi termasuk gelar terbaru pada musim 2023, meraih 9 gelar juara King Cup, 8 Crown Prince Cup, 1 Super Cup, dan 3 Saudi Federation Cup.

Sementara di level regional hingga kontinental, Al Ittihad meraih 2 kali Liga Champions Asia, 1 Asian Cup Winners Cup, Arab Champions League, GCC Champions League dan 2 gelar Saudi-Egyptian Super Cup.

Untuk kandang sendiri, Al Ittihad bermarkas di King Abdullah Sports City yang punya kapasitas 62.345 penonton sehingga menjadi stadion terbesar kedua di Arab Saudi.

Baca Juga:
Karier Panjang Zlatan Ibrahimovic hingga Putuskan Pensiun Bersama AC Milan di Usia 41 Tahun

Saat ini, Al Ittihad dibesut oleh pelatih asal Portugal, Nuno Espirito Santo. Ia punya pengalaman melatih klub-klub Eropa, mulai dari Porto, Wolverhampton Wanderers, hingga Tottenham Hotspur.

Bintang andalan Al Ittihad saat ini adalah striker Abderrazak Hamdallah yang menjadi top skor klub dengan 21 gol musim ini. Selain itu ada striker Romarinho, gelandang Igor Coronado, dan bek tengah Ahmed Sharahili dengan koleksi 4 golnya.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More