Rauhanda Riyantama
Selebrasi pemain Newcastle United usai bobol gawang Tottenham. (AFP)

Bolatimes.com - Akhir musim 2023-2024 memberi banyak kejutan klub-klub kompetisi liga Eropa, sederet nama lawas kembali ke Liga Champions usai penantian lama.

Liga-liga top Eropa sudah berakhir, memasuki awal baru kompetisi kelas wahid Benua Biru dengan klub-klub lawas yang akhirnya kembali ke kompetisi kasta tertinggi.

Tiket Liga Champions sudah berhasil diamankan, selain klub-klub langganan kompetisi ini juga nama-nama lawas yang bakal memeriahkan turnamen.

Baca Juga:
Daftar Top Skor Piala Dunia U-20 dari Masa ke Masa, Ada Erling Haaland

Sebagai kejutan di awal musim 2023-2023, sebanyak 4 klub lawas dengan nama besar bakal kembali tampil di Liga Champions musim depan.

Menariknya ada peserta yang baru pertama kali berpartisipasi di ajang Liga Champions, klub mana saja yang dimaksud? berikut di antaranya.

1. Newcastle United

Baca Juga:
Bak Bumi dan Langit, Harga Tiket Laga Argentina vs Australia di Cina Setara dengan 1 Unit Honda BeAT Seken

Keluar sebagai kejutan di empat besar Premier League, Newcastle United bakal menjadi salah satu wakil Inggris di ajang Liga Champions 2023-2024.

Newcastle sebelumnya pernah menjajal berpartisipasi di ajang ini pada musim 1997-1998 dan 2002-2003 namun hanya mencapai fase grup.

Kala itu tim ini masih diperkuat striker legendaris klub dan Inggris, Alan Shearer, kejutan itu akan coba kembali dilakukan musim ini.

Baca Juga:
Hadapi Lionel Messi, Siapa yang Layak Jadi Starter di Antara 3 Kiper Timnas Indonesia?

2. Real Sociedad

Liga Spanyol masih menyisakan laga satu pekan, namun empat tim sudah memastikan tiket ke Liga Champions dan Real Sociedad jadi kejutannya.

Real Sociead berakhir di peringkat keempat klasemen di bawah Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid sebagai wakil Spanyol.

Baca Juga:
Pamit Tinggalkan Liga Indonesia, Mantan Striker Timnas Rep Ceko Sampaikan Pesan yang Menyentuh

Peningkatan bagi Sociead dalam 3 musim terakhir setelah jadi langganan Liga Europa, kini Takefusa Kubo dkk bakal tampil di kasta tertinggi Eropa.

Kali pertama Sociead tampil di ajang ini pada musim 2013-2014 lalu, meski tak terlalu istimewa setelah mampu ke semifinal pada musim 1982-1983.

3. RC Lens

Wakil Prancis yang jadi kejutan di ajang Liga Champions, bukti kualitas RC Lens tak kalah mentereng dari juara Ligue 1, Paris Saint-Germain (PSG).

Musim 2023-2024 menjadi kali ketiga RC Lens tampil di ajang Liga Champions sepanjang sejarahnya, kali pertama pada musim 1998-1999 dan kedua pada musim 2002-2003.

4. Union Berlin

Tim kejutan Bundesliga, berangkat dari kompetisi non-liga hingga mencapai puncak tertinggi kompetisi Liga Jerman.

Petualangan Union Berlin berlanjut ke kompetisi sepak bola terbesar Eopa, Liga Champions musim 2023-2024 setelah tampil mengesankan di Europa Conference League 2021-2022.

Meski kali pertama tampil di ajang Liga Champions, Union Berlin tetap menunjukkan taji sangar mereka di kompetisi Eropa selama tiga musim terakhir.

Kontributor: Eko
Load More