Rauhanda Riyantama
Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson saat hadir menyaksikan laga melawan Paris Saint-Germain pada 12 Februari 2019 (Franck Fife/AFP)

Bolatimes.com - Berikut daftar pelatih yang paling banyak menjuarai Liga Inggris sejak masih bernama First Division hingga kini lebih dikenal sebagai Premier League.

Liga Inggris bisa dikatakan sebagai liga paling kompetitif dan liga paling populer di antara kancah domestik lainnya di dunia sepak bola saat ini.

Banyaknya bintang-bintang top serta pelatih-pelatih ternama membuat banyak pelaku sepak bola bermimpi bisa bermain di kompetisi ini.

Baca Juga:
Sudah Pesimis, Pelatih Thailand Dapat Tekanan Publik untuk Juara Piala AFF U-23 2023

Namun karena memiliki banyak bintang hingga pelatih top, kompetisi ini menjadi kompetisi yang paling sulit dimenangkan.

Sehingga, siapapun pemain atau pelatih yang bisa membawa timnya meraih juara Liga Inggris, akan mendapat sebutan sebagai salah satu yang terbaik di dunia saat ini.

Meski sulit dimenangkan, beberapa pelatih top tercatat bisa meraih gelar Liga Inggris berkali-kali sejak kompetisi ini masih bernama First Division hingga kini menjadi Premier League.

Baca Juga:
Profil BG Pathum, Klub Thailand yang Dirumorkan Jadi Pelabuhan Baru Andres Iniesta

Lantas, siapa pelatih yang paling banyak memenangkan gelar Liga Inggris sejak masih bernama First Division hingga Premier League? Berikut daftarnya.

1. Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson menjadi pelatih yang paling banyak menjuarai Liga Inggris dengan catatan 13 gelar bersama Manchester United di ajang Premier League sejak 1992 hingga 2013.

Baca Juga:
5 Pemain Bali United U-16 yang Latihan Bareng Marco Materazzi Cs

2. George Ramsay

George Ramsay adalah pelatih asal Skotlandia sebelum Sir Alex Ferguson yang mampu meraih enam gelar Liga Inggris, kala menukangi Aston Villa selama 40 tahun, yakni sejak 1886-1926.

3. Bob Paisley

Baca Juga:
Heboh Menu Makanan Berlemak Diduga untuk Pemain Klub Rival Jordi Amat, Netizen: Yang Penting Halal

Liverpool punya pelatih legendaris yang membawa kejayaan di kancah domestik pada Bob Paisley dengan raihan enam gelar Liga Inggris saat melatih The Reds pada 1974-1983.

4.  Tom Watson

Tom Watson adalah pelatih legendaris di akhir tahun 1800 an dan awal 1900 an yang pernah menjuarai lima gelar Liga Inggris saat masih bernama First Division dengan rincian bersama Sunderland (3 gelar) dan Liverpool (2 gelar).

5. Matt Busby

Sebelum Sir Alex Ferguson, Manchester United juga punya pelatih top yang mampu membawa timnya meraih kejayaan di kancah domestik pada diri Matt Busby dengan raihan lima gelar Liga Inggris selama dua periode kepelatihannya.

6. Pep Guardiola

Pep Guardiola bisa dikatakan pelatih terbaik di era saat ini. Sejak menukangi Manchester City pada 2016, ia telah meraih lima gelar Liga Inggris atau Premier League hingga 2023 ini.

7. Herbert Chapman

Herbert Chapman merupakan pelatih legendaris di era 1920 an, di mana ia mampu membawa Huddersfield Town dan Arsenal juara Liga Inggris dua kali secara beruntun dengan total empat gelar.

8. Kenny Dalglish

Sebelum memasuki era Premier League, Liverpool pernah berjaya bersama Kenny Dalglish dengan menjuarai tiga gelar First Division. Lalu di era Premier League, ia berhasil meraih satu gelar bersama Blackburn Rovers di tahun 1995.

9. Bill Shankly

Nama Bill Shankly abadi sebagai pelatih legendaris Liverpool. Hal ini tak lepas dari perannya yang mampu membawa tim berjuluk The Reds itu tiga kali menjadi juara Liga Inggris pada 1964, 1966, dan 1973.

10. Stan Cullis

Stan Cullis tercatat mampu meraih tiga gelar Liga Inggris yang semuanya ia persembahkan bagi Wolverhampton Wanderers selama melatih sejak 1948 hingga 1964.

11. Arsene Wenger

Arsene Wenger merupakan pesaing Sir Alex Ferguson di era Premier League. Pria asal Prancis itu mampu meraih tiga gelar Liga Inggris bersama Arsenal, di mana salah satu gelarnya adalah Golden Trophy usai berhasil menjadi juara liga dengan status tak terkalahkan.

12. Jose Mourinho

Jose Mourinho menjadi pelatih yang mendobrak rivalitas Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger di awal tahun 2000 an, usai berhasil meraih tiga gelar Liga Inggris bersama Chelsea yakni pada 2005, 2006, dan 2015.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More