Rauhanda Riyantama
Estadio Olímpic Lluis Companys jadi markas Barcelona musim depan. (Twitter)

Bolatimes.com - Barcelona bakal menggunakan Stadion Olímpic Lluis Companys sebagai markasnya musim depan. Sebab, Camp Nou yang selama ini menjadi markasnya bakal menjalani proses renovasi.

Penggunaan Stadion Olímpic Lluis Companys sebagai markas baru Barcelona akan dimulai pada musim 2023/2024. Rencana ini sudah mendapatkan dukungan dari Dewan Kota dan politisi setempat.

Menurut laporan yang dikutip dari Marca, proyek pemindahan ini bakal membutuhkan dana sebesar 15 hingga 20 juta euro atau setara dengan Rp234 hingga Rp312 miliar.

Baca Juga:
Media Vietnam Akui Ketangguhan Timnas Indonesia U-22: Calon Kandidat Juara Piala AFF U-23 2023

Salah satu pengeluaran terbesarnya ialah pembangunan akses transportasi yang nilainya mencapai 7,2 juta euro atau setara dengan Rp112 miliar.

"Saya pikir, ini adalah cara terbaik untuk merayakan 30 tahun olimpiade. Kami merasa terhormat dan bangga untuk menyambut Barcelona," ucap Dewan Kota Barcelona, Jaume Collboni dikutip dari Marca.

"Anda berada di tempat terbaik bagi Barcelona untuk beberapa waktu ke depan. Kota ini ada di pihak semua klub," lanjutnya.

Baca Juga:
Demi Kalahkan Indonesia, Malaysia Panggil 2 Pemain Eropa di Piala AFF U-23 2023

Mengenal Stadion Olímpic Lluis Companys

Stadion Olímpic Lluis Companys merupakan sebuah stadion yang terletak di Catalan, Spanyol. Stadion yang dibangun pertama kali pada 1927 ini sempat bernama Estadi Olímpic de Montjuic dan Estadio de Montjuic.

Stadion yang kini berkapasitas 55.926 penonton ini awalnya dibangun untuk menggelar 1929 International Exposition. Gelaran Olimpiade 1936 pun awalnya juga diajukan berlangsung di sini.

Baca Juga:
Terlalu Semangat Tiup Lilin Ulang Tahun, Shin Tae-yong Bikin Ngakak Asistennya

Saat dibangun, Stadion Olímpic Lluis Companys diarsiteki oleh Pere Domenech i Roura dan pertama kali dibuka secara resmi pada 20 Mei 1929. Upacara peresmian itu menyajikan duel Spanyol melawan Italia pada laga rugby.

Selain itu, pembukaannya juga melibatkan laga Timnas Catalan melawan Bolton. Hasilnya, Catalan saat itu sukses menang secara mengejutkan dengan skor 4-0.

Rekaman sejarah turut menghadirkan Stadion Olímpic Lluis Companys untuk menggelar People’s Olympiad 1936 sebagai bentuk protes melawan Olimpiade 1936 yang berlangsung di Berlin.

Baca Juga:
Sama-sama Cari Direktur Teknik: Vietnam Tunjuk Orang Jepang, Indonesia Tengah Berburu Warga Jerman

Namun, rencana ini tak pernah terwujud karena merebaknya perang sipil di Spanyol. Stadion ini kembali direnovasi besar-besaran karena Barcelona mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 1992.

Sebelum Barcelona, RCD Espanyol pernah menggunakan Stadion Olímpic Lluis Companys sebagai markasnya pada periode 1997 hingga 2009, sebelum pindah ke RCDE Stadium.

Mulai musim 2023/2024, Barcelona bakal bermarkas di stadion ini. Hal ini bakal berlangsung selama proses renovasi Camp Nou berakhir pada 2025/2026.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More