Irwan Febri Rialdi
Bek Manchester United, Harry Maguire. (AFP)

Bolatimes.com - Manchester United setidaknya memiliki 5 pemain dengan nomor punggung ikonik 5, termasuk Harry Maguire yang terselip di antara para legenda Setan Merah.

Penampilan tak begitu mengesankan namun dipercaya memakai nomor punggung 5 Man United, Harry Maguire tentu menjadi sorotan sebagai target kritik.

Padahal sepanjang sejarah, Man United memiliki pemain bernomor punggung 5 yang ditakuti para lawan ketika berjumpa di pertandingan.

Baca Juga:
Tata Cara Beli Tiket Timnas Indonesia vs Argentina, Lengkap dengan Harganya

Tak heran jika para penggemar sangat kecewa dengan performa Maguire yang dianggap hanya membuat buruk citra nomor punggung 5 ini.

Lantas siapa saja pemain yang pernah mengenakan nomor punggung tersebut bersama Man United? berikut di antaranya.

1. Lee Sharpe

Baca Juga:
Tak Ada Coaching Clinic dan Gala Dinner bareng Lionel Messi Cs, Erick Thohir: Mohon Dimaklumi

Berposisi sebagai sayap kiri dan menghabiskan 8 musim karier profesionalnya untuk Manchester United.

Lee Sharp sejatinya merupakan pemain yang doyan gonta-ganti nomor punggung, di antaranya 14, 12, 16, 7 dan 11.

Hingga terakhir mengenakan nomor punggung 5 pada musim 1995-1996, sosoknya juga sebagai salah satu andalan Sir Alex Ferguson.

Baca Juga:
Argentina Minta Agendanya di Indonesia Dirahasiakan Demi Keamanan, Netizen Malah Beri Respons Kocak

Dengan total 182 pertandingan, menorehkan 26 gol dan 28 assist, tiga trofi gelar Liga Inggris da Piala FA pada 1996 sebelum hijrah ke Leeds United.

2. Ronny Johnsen

Datang dari Besiktas pada 1996, sepeninggal Lee Sharpe namun tidak langsung mengenakan nomor punggung 5, ia lebih dulu diberi nomor punggung 19.

Baca Juga:
10 Pemain Abroad Timnas Indonesia saat Lawan Argentina, Enam dari Eropa

Barulah saat Lee Sharpe hijrah ke Leeds United, nomor punggung 5 resmi dikenakan Ronny Johnsen dan membawa satu gelar Liga Champions musim 1999.

Johnsen menghabiskan enam musim dengan total 149 laga, sebelum hijrah ke Aston Villa pada 2002 dengan status bebas transfer.

3. Laurent Blac

Pria Prancis mengakuisisi nomor punggung yang ditinggalkan Johnsen, meski awalnya sempat menggunakan nomor punggung 6.

Statusnya sebagai bintang cukup telat membela Man United, Blanc berlabuh ke Old Trafford saat usianya sudah 36 tahun.

Penampilannya pun mengecewakan, namun tetap mendapat kepercayaan Sir Alex Ferguson dan masih dipercaya bermain.

Meski begitu Ferguson mengaku kapok mendatangkan pemain berumur, Blanc pun pensiun tak lama setelah memutuskan pergi dari Old Trafford.

4. Rio Ferdinand

Pemain ini memecahkan rekor transfer pemain berposisi bek pada 2002, Man United merekrutnya dengan mahar 46 juta euro atau sekitar Rp753 miliar.

Sebelum Blanc pensiun, Ferdinand lebih dulu mengenakan nomor punggung 6 dan pada 2003 barulah memakai nomor 5.

Performa impresif Ferdinand menjadikannya sebagai bek terbaik dalam sejarah Setan Merah, duetnya bersama Vidic membawa enam gelar Premier League dan satu trofi Liga Champions.

5. Marcos Rojo

Tampil impresif di Piala Dunia 2014, Rojo diboyong ke Old Trafford dari Sporting Lisbon dan langsung menggunakan nomor punggung 5.

Pemain yang hobi nyebat ini gagal menampilkan performa terbaik, saking tidak konsistennya Rojo lebih sering dimainkan bersama tim U-23.

Rojo pun pada akhirnya pergi, Man United mendatangkan Harry Maguire, pemain termahal yang justru meneruskan tradisi Rojo.

Kontributor: Eko
Load More