Irwan Febri Rialdi
Momen pemain Fiji pukul Frengky Missan hingga. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Bolatimes.com - Nasib apes bisa dikatakan tengah menggelayuti Timnas Fiji U-20 usai jadi bulan-bulanan negara lainnya sepanjang fase grup Piala Dunia U-20 2023.

Fiji datang ke Piala Dunia U-20 2023 dengan perasaan bangga, usai mencetak sejarah untuk kali kedua lolos ke ajang tersebut, sejak pertama kali berpartisipasi pada 2015 silam,

Tapi perasaan bangga ini bercampur rasa pilu, setelah tim berjuluk Bula Boys Junior ini justru tak bisa melangkah jauh dan menjadi bulan-bulanan di fase grup.

Baca Juga:
Dilepas Klub Thailand, Pemain Terkaya Dunia Gabung Klub Indonesia untuk Isi Kuota ASEAN?

Tergabung di grup B bersama Amerika Serikat, Ekuador, dan Slovakia, Fiji justru hanya menjadi penyumbang poin bagi lawan-lawannya itu.

Dalam tiga pertandingan di fase grup, tim arahan Bobby Mims ini harus menelan tiga kekalahan, sehingga tersingkir lebih cepat dari ajang tersebut.

Parahnya lagi, Fiji tersingkir dari fase grup Piala Dunia U-20 2023 dengan status sebagai tim paling banyak kebobolan yakni 16 gol dari tiga laga.

Baca Juga:
Tata Cara Beli Tiket Timnas Indonesia vs Argentina, Lengkap dengan Harganya

16 gol itu masing-masing didapatkan saat tumbang 0-4 dari Slovakia, takluk 0-3 dari Amerika Serikat, dan kalah dengan skor 0-9 dari Ekuador.

Total 16 gol yang bersarang ke gawang Fiji itu jadi yang terbanyak di Piala Dunia U-20 2023, unggul lima gol dari Republik Dominika yang telah kebobolan 11 gol dari tiga laga.

Apesnya lagi, Fiji tak mampu mencetak sebiji gol pun. Catatan ini jauh lebih buruk ketimbang partisipasinya pada Piala Dunia U-20 2015 yang mampu meraih satu kemenangan dan mencetak empat gol dari tiga laga.

Baca Juga:
Tak Ada Coaching Clinic dan Gala Dinner bareng Lionel Messi Cs, Erick Thohir: Mohon Dimaklumi

Jadi Lumbung Gol Timnas Indonesia U-20

Apesnya nasib Fiji di Piala Dunia U-20 2023 sejatinya sudah bisa diprediksi sejak jauh-jauh hari, tepatnya saat beruji tanding melawan Timnas Indonesia U-20.

Jelang Piala Dunia U-20 2023 yang sedianya digelar di Tanah Air, Fiji sempat diundang untuk melakoni uji tanding melawan Timnas Indonesia U-20, Guatemala, dan Selandia Baru pada Februari 2023 lalu.

Baca Juga:
Argentina Minta Agendanya di Indonesia Dirahasiakan Demi Keamanan, Netizen Malah Beri Respons Kocak

Dalam laga bertajuk Turnamen Mini Internasional itu, Fiji sempat menjadi bulan-bulanan Timnas Indonesia U-20 arahan Shin Tae-yong.

Dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu, Fiji harus menerima gawangnya dijebol sebanyak empat kali oleh skuad Garuda Nusantara.

Empat gol yang dicetak oleh Timnas Indonesia U-20 itu masing-masing dibuat oleh Arkhan Fikri, Kakang Rudianto, Resa Aditya, dan Hokky Caraka.

Tak hanya jadi lumbung gol Timnas Indonesia U-20, Fiji juga menjadi lumbung gol Selandia Baru dengan skor 0-3 dan takluk 1-3 dari Guatemala.

Berkaca dari catatan di laga uji coba tersebut, tak mengejutkan bila Fiji pun menjadi lumbung gol di Piala Dunia U-20 2023 kala melawan tim-tim dengan status lebih mentereng ketimbang Indonesia, Selandia Baru, dan Guatemala.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More