Rauhanda Riyantama
Pemain Union Berlin melakukan selebrasi setelah lolos ke Liga Champions musim depan. (AFP)

Bolatimes.com - Union Berlin bikin kejutan di Bundesliga musim 2022-2023. Sempat memuncaki klasemen sementara meski gagal juara, namun kini berhasil lolos ke Liga Champions musim depan.

Pasca mengangkangi Bayern Munich pada pekan ke-10 Bundesliga musim ini, Union Berlin melanjutkan mimpi ke kompetisi level lebih tinggi.

Mengakhiri musim 2022-2023 di peringkat ke-4, Union Berlin bakal menemani Bayern Munich, Borussia Dortmund dan RB Leipzig di Liga Champions musim depan.

Baca Juga:
FIFA Salut dengan Tangan Dingin Shin Tae-yong, Ternyata Pernah Bikin Argentina Bertekuk Lutut

Anak asuh Urs Fischer ini berhasil mengoleksi 62 poin dari 34 pertandingan yang sudah dilakoni, mengoleksi 18 kemenangan, 8 seri dan 9 kekalahan.

Sebagai anak baru di Bundesliga, sepak terjang Union Berlin tentu mengejutkan meski termasuk salah satu klub tertua di Liga Jerman.

Berdiri tahun 1966, klub yang berasal dari Olympia Oberschoneweide sempat berubah nama beberapa kali salah satunya menjadi SG Ibershconeweide.

Baca Juga:
Healing Jelang Lawan Timnas Indonesia, Lionel Messi Terciduk Asyik Nonton Konser Coldplay

Di tahun 1960 menjadi anggota DDR-Oberliga yang merupakan kasta tertinggi di kompetisi sepak bola Jerman Timur.

Sempat mengoleksi dua kali juara divisi ketiga era 90-an, namun kesulitan finansial membuat Union Berlin baru kembali merangkak ke Bundesliga tahun 2001.

Kemudian kembali ke divisi kedua kompetisi pada 2008-2009, sebelum menghajar satu dekade dengan perjuangan hingga akhirnya kembali ke kasta teratas Bundesliga.

Baca Juga:
Hasil Drawing Piala AFF U-23 2023: Timnas Indonesia U-23 Segrup dengan Malaysia dan Timor Leste

Tepatnya pada musim 2019-2020, kesuksesan mengalahkan VfB Stuttgart di babak playoff menjadi tiket Union Berlin ke kasta tertinggi.

Promosi pertama kalinya ke Bundesliga sepanjang sejarah klub, setelah selama kurang lebih satu dekade tampil di divisi kedua.

Lika-liku dan perjuangan Union Berlin terbayar tuntas meski belum sempurna, Liga Champions musim depan bakal jadi tantangan teranyar klub yang bermarkas di Stadion Alte Foesterei.

Baca Juga:
Percaya dengan Shin Tae-yong, Eks Pelatih Timnas Minta Skuad Garuda Tak Gentar Hadapi Argentina

Lantas bagaimana perjuangan Union Berlin bisa sampai menjadi kontestan Liga Champions 2023-2024? berikut ringkasan singkatnya.

2019: promosi ke Bundesliga (BuLi) kali pertama sepanjang sejarah klub.

2021: Finish peringkat ke-7 Bundesliga dan lolos ke UEFA Conference League.

2022: Finish peringkat ke-5 Bundesliga dan Lolos ke UEFA Europa League, berhasil melaju sampai 16 besar UEL.

2023: Peringkat ke-4 Bundesliga, dan lolos ke Liga Champions musim 2023-2024.

Kontributor: Eko
Load More