Gagah Radhitya Widiaseno
Jonathan Khemdee. (Foto: thairath)

Bolatimes.com - Bek Thailand, Jonathan Khemdee mendadak umumkan 'pensiun' dari dunia sepak bola jelang laga final SEA Games 2023.

Hal ini diketahui dalam sebuah unggahan akun Instagram pribadinya, @jkhemdee17 yang diposting lima jam lalu.

"Pertandingan ini akan menjadi pertandingan terakhir bagi tim nasional Thailand," tulis Jonathan Khemdee dalam unggahan Instagram.

Baca Juga:
Ragnar Oratmangoen Buka-bukaan Masih Berhasrat Bela Timnas Indonesia, Jadi Amunisi Baru di Piala Asia 2023?

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukung dan mengikuti saya serta menyemangati saya selama ini. Saya harap saya dapat memenangkan medali emas," tambahnya.

"Untuk semua orang di Thailand dan menyelesaikan pertandingan terakhir saya untuk tim nasional Thailand dengan baik," pungkasnya.

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di Final SEA Games 2023 Malam Ini

Salah satu media Thailand, Thairath, lalu menanggapi keputusan Khemdee. Di dalam artikel yang dituliskan tersebut, pelatih Thailand U-22 Issara Sritaro juga menyanggahnya.

"Jonathan Khemdee tidak mungkin berhenti bermain untuk timnas Thailand," ujar Issara Sritaro.

"Itu (postingan) hanya untuk memotivasi rekan satu tim," tambahnya.

Baca Juga:
3 Alasan Thailand Bisa Kubur Mimpi Timnas Indonesia U-22 Sabet Emas SEA Games 2023

Jonathan Khemdee memang pernah menjadi publk enemy suporter Timnas Indonesia. Ia pernah melakukan aksi provokatif di saat Timnas Thailand U-22 berjumpa Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2021. Momen itu terjadi pada fase semifinal.

Dalam duel yang berlangsung di Thien Truong Stadium, Nam Dinh, 19 Mei 2022 itu, skuad Garuda Muda memang harus mengakui keunggulan Thailand setelah ditekuk dengan skor tipis 0-1.

Indonesia sebetulnya sempat memberikan perlawanan sengit kepada Thailand. Sebab, saat itu pertandingannya berlangsung sampai tambahan waktu karena pada masa 2x45 menit berakhir imbang tanpa gol.

Pada pertandingan ini, Jonathan Khemdee kerap memancing emosi para pemain Indonesia. Aksi provokatif ini bahkan sampai membuat Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya diusir oleh wasit.

Pada pertandingan itu, Indonesia pada akhirnya memang hanya bermain dengan delapan pemain. Pasalnya, Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya mendapat kartu merah.

Tentu saja, skuad asuhan Indra Sjafri patut berhati-hati pada pertemuan kali ini. Rizky Ridho dan kawan-kawan harus bisa mengelola emosi agar tidak terpancing aksi Jonathan Khemdee pada final SEA Games 2023.

Load More