Rauhanda Riyantama
Penyerang Timnas Korea Selatan, Son Heung-min. [JUNG YEON-JE / AFP]

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain top dunia yang penampilannya paling dinantikan pada ajang Piala Asia 2023, di mana sebagian besar pemain top tersebut akan menjadi lawan Timnas Indonesia di fase grup.

Sebagaimana diketahui, Piala Asia 2023 akan segera bergulir, seiring tuntasnya Drawing fase grup yang digelar Kamis (11/5) petang WIB di Doha, Qatar.

Dalam Drawing tersebut, Timnas Indonesia selaku salah satu kontestan, tergabung dalam grup D yang berisikan Jepang, Irak, dan Vietnam.

Baca Juga:
Respons Tak Terduga Anak Shin Tae-yong Ketika Lihat Sang Ayah Pamer Foto dengan Pelatih Jepang

Grup yang ditempati tim Merah Putih ini tergolong grup neraka, mengingat status dari masing-masing lawannya itu di ajang ini.

Apalagi, lawan-lawannya di grup D itu memiliki sederet pemain yang berkarier di level teratas Eropa dan berstatus pemain top dunia.

Berbicara soal pemain top dunia, Asia sendiri memiliki banyak pemain top yang berkarier di level teratas di benua biru.

Baca Juga:
32 Tahun Puasa Gelar di SEA Games 2023, Mampukan Timnas Indonesia U-22 Tumbangkan Thailand?

Nantinya para pemain top dunia ini pun diyakini akan tampil di Piala Asia 2023 yang akan mulai digelar pada Januari 2024 mendatang.

Lantas, siapa saja para pemain top dunia yang akan tampil di Piala Asia 2023? Siaa saja pemain top yang akan jadi lawan Timnas Indonesia di babak grup? Berikut daftarnya.

1. Son Heung-min (Korea Selatan)

Baca Juga:
Alfeandra Dewangga Minta Dukungan Fans Timnas Indonesia U-22 Jelang Hadapi Thailand

Son Heung-Min (tengah) menjadi player of the match setelah mencetak dua gol saat Tottenham Hotspur menang 3-0 atas Preston dalam pertandingan babak keempat Piala FA di Deepdale Stadium, Sabtu (29/1/2023) (@SpursOfficial)

Son Heung-min merupakan bintang Timnas Korea Selatan yang saat ini tercatat bermain bagi tim Liga Inggris, Tottenham Hotspur.

Status bintang Son Heung-min tak perlu diragukan lagi. Ia sempat menjadi top skor Liga Inggris 2021/2022 lalu dengan 23 gol dari 35 laga.

2. Kaoru Mitoma (Jepang)

Baca Juga:
Beda dengan Timnas Indonesia U-22, Cuma Ada 3 Pemain Thailand yang Pernah Cicipi Caps bersama Timnas Senior

Nama Kaoru Mitoma melejit di Liga Inggris 2022/2023 ini berkat keterampilannya dalam melakukan dribel dan mengecoh lawan-lawannya.

Di Piala Asia 2023 nanti, pemain milik Brighton & Hove Albion ini diyakini akan disertakan oleh Timnas Jepang, termasuk saat menghadapi Timnas Indonesia di fase grup.

3. Takehiro Tomiyasu (Jepang)

Momen pemain Arsenal, Takehiro Tomiyasu keinjak Ben Godfrey. (Paul ELLIS / AFP)

Tak hanya Mitoma, Timnas Indonesia juga akan menghadapi palang pintu tangguh Jepang, yakni Takehiro Tomiyasu di Piala Asia 2023.

Tomiyasu sendiri dicap sebagai bek tangguh. Karena ketangguhannya itu, ia bahkan dipinang dan diandalkan oleh Arsenal.

4. Kim Min-jae (Korea Selatan)

Selain Son Heung-min, Korea Selatan juga memiliki nama beken di lini pertahanan pada sosok Kim Min-jae yang kini bermain bagi Napoli.

Nama Kim Min-jae sendiri melejit setelah bergabung Napoli pada musim panas 2022 lalu. Karena perannya, timnya mampu meraih gelar juara Liga Italia 2022/2023.

5. Daichi Kamada (Jepang)

Pemain Timnas Jepang, Daichi Kamada. (AFP)

Nama Daichi Kamada memang tak sementereng Kaoru Mitoma. Tapi ia punya catatan baik soal mengukir prestasi di Eropa.

Kamada menjadi aktor di balik kesuksesan Eintracht Frankfurt menjuarai Liga Eropa 2021/2022 lalu. Karena perannya ia pun menjadi buruan klub besar musim ini, salah satunya AC Milan.

6. Takumi Minamino (Jepang)

Wajar rasanya jika Jepang dianggap sebagai salah satu kandidat juara Piala Asia 2023. Sebab, tim berjuluk Samurai Biru ini masih memiliki bintang beken pada diri Takumi Minamino.

Pemain yang kini membela AS Monaco itu dikenal sebagai salah satu pilar Jepang. Hal ini tak lepas dari pengalamannya yang pernah membela tim besar seperti Liverpool.

7. Hwang Hee-chan (Korea Selatan)

Pemain Timnas Korea Selatan, Hwang Hee-Chan. (AFP)

Tak hanya Son Heung-min, Korea Selatan punya penyerang tajam pada diri Hwang Hee-chan yang kini bermain bagi Wolverhampton Wanderers di Liga Inggris.

Mantan rival Evan Dimas di kelompok umur ini punya catatan gemilang dalam urusan mencetak gol, termasuk saat mencetak gol di Piala Dunia 2022 bagi Korea Selatan.

8. Takefusa Kubo (Jepang)

Kubo merupakan bintang Jepang yang masih mencoba bertahan dalam persaingan di Liga Spanyol saat ini bersama Real Sociedad.

Berstatus sebagai jebolan akademi La Masia Barcelona, masa remaja Kubo sempat diberikan untuk Real Madrid, meski akhirnya tersisih.

Kubo hijrah ke Sociedad pada 19 Juli 2022 dan dikontrak hingga Juni 2027, kehadirannya di level klub atau tim nasional sama pentingnya.

Usianya baru 21 tahun, namun Kubo sudah mencatat 23 caps untuk tim nasional Samurai Biru dengan megoleksi 1 gol.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More