Irwan Febri Rialdi
Pemain timnas U-22 Thailand, Songchai Thongcham (tengah). (Dok. Changsuek)

Bolatimes.com - Bek andalan Timnas Thailand, Songchai Thongcham, mulai melancarkan psywar untuk Timnas Indonesia U-22 dan pendukungnya menjelang pertandingan final SEA Games 2023.

Sebab, Songchai Thongcham meminta pendukung Timnas Indonesia U-22 untuk tidak repot-repot datang ke stadion untuk mendukung skuad Garuda Muda menghadapi Thailand di final SEA Games 2023.

Sebaliknya, dia justru mempersilakan pendukung Thailand untuk menyaksikan laga yang akan berlangsung di Stadion Olympic, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023).

Baca Juga:
Momen Shin Tae-yong Berpelukan dengan Indra Sjafri Jadi Sorotan, Netizen Terharu

Hal itu disampaikan oleh Songchai Thongcham dalam sesi konferensi pers seusai Thailand lolos ke final SEA Games 2023 karena menjegal Myanmar dengan skor 3-0.

"Kepada fans Indonesia, jangan datang ke laga final. Tapi untuk fans Thailand silakan datang. Kami akan bermain 100% untuk kalian dan tim ini," ujarnya seperti dikutip dari Thairath.

Dalam kesempatan itu, Songchai Thongcham berterima kasih kepada pelatih yang telah memberikan dirinya kesempatan bermain di SEA Games 2023.

Baca Juga:
3 Pemain Thailand yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia U-22 di Final SEA Games 2023, Ada Jebolan Leicester City

Ia juga salut dengan rekan setim yang berjuang hingga lolos ke final SEA Games 2023 usai menumbangkan Myanmar di babak empat besar.

Profil Songchai Thongcham

Sebagai informasi, Songchai Thongcam merupakan salah satu bek tengah yang paling diandalkan Timnas Thailand U-22 sepanjang gelaran SEA Games 2023 ini.

Baca Juga:
Momen Shin Tae-yong Jadi Suporter Timnas Basket Indonesia, Tak Kalah Seru saat Nonton Sepak Bola

Sebab, dari pertandingan pertama di fase penyisihan grup sampai semifinal, Songchai Thongcham selalu mendapatkan kesempatan bermain dari pelatih Issara Sritaro di SEA Games 2023.

Tercatat, dia sudah bermain sebanyak lima kali dan empat laga di antaranya selalu tampil penuh selama 2x45 menit. Ini menjadi catatan yang patut diwaspadai oleh Timnas Indonesia U-22.

Pemain kelahiran Chonburi, Thailand, pada 9 Juni 2001, ini juga sudah mencatatkan menit bermain yang cukup reguler di kompetisi kasta tertinggi meski usianya baru menginjak 21 tahun.

Baca Juga:
Catatan Timnas Indonesia setelah 8 Kali Lolos ke Final SEA Games, Akankah Kali Ini Sabet Emas?

Pasalnya, pada musim 2022/2023, Songchai Thongcham sudah tercatat bermain 25 kali di semua ajang, baik itu Thai League, Thai League Cup, hingga Thai FA Cup.

Catatan penampilannya juga cukup menarik. Sebab, pemain berpostur 184 cm ini bisa memainkan sejumlah peran yang berbeda. Selain tampil sebagai bek tengah, dia juga bisa diplot sebagai bek kanan hingga gelandang kanan.

Bukan tidak mungkin, Songchai Thongcham akan menjadi pemain yang paling merepotkan barisan lini serang Timnas Indonesia U-22 pada partai final nanti.

Pasalnya, sejauh ini Thailand punya catatan kebobolan yang cukup minim. Dari lima laga, mereka hanya kebobolan tiga kali.

Jumlah yang sama juga dibukukan Timnas Indonesia U-22 sepanjang SEA Games 2023 ini. Anak asuh Indra Sjafri tercatat sudah kebobolan satu gol pada laga kontra Kamboja dan dua gol lainnya dicetak Vietnam di semifinal.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More