Arif Budi Setyanto
Eric Djemba-Djemba saat bermain di Persebaya Surabaya. (Twitter/@Football__Tweet)

Bolatimes.com - Manchester United merupakan klub ternama di Eropa. Tak ayal, bermain di Setan Merah menjadi salah satu mimpi banyak pesepak bola.

Dengan ketenaran klub serta punya banyak fans, tak jarang pemain yang pernah membela Manchester United tetap menjadi sorotan sebagian penggemar The Red Devils.

Bahkan ketika mantan pemain Manchester United memilih berkarier di Asia, beberapa nama tetap menjadi sorotan.

Baca Juga:
Profil Jeam Kelly Sroyer, Satu-satunya Pemain Papua yang Perkuat Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Lantas siapa saja eks Manchester United yang pernah berkarier di Liga Asia, bahkan ada juga yang mentas di Liga Indonesia? berikut ulasannya.

1. Cristiano Ronaldo

Kapten Al Nassr, Cristiano Ronaldo merayakan gol hattrick-nya saat mengalahkan Damac di lanjutan Liga Arab Saudi, Sabtu (25/2/2023). (Twitter/@Cristiano)

Cristiano Ronaldo putar haluan setelah berpisah dengan Manchester United. Megabintang asal Portugal itu hijrah ke Arab Saudi.

Baca Juga:
Indra Sjafri Ungkap Satu Masalah Krusial Timnas Indonesia U-22 Jelang SEA Games 2023

Kini Ronaldo menjadi pemain kunci bagi klub Arab, Al Nassr. Kehadirannya pun membawa pengaruh positif bagi Liga Arab Saudi.

2. Luis Nani

Keputusan Ferguson melepas Cristiano Ronaldo ke Real Madrid tak lepas dari keberadaan Luis Nani, meski nyatanya pria Madeira tetap jadi yang terbaik.

Baca Juga:
Tak Banyak Kendala, Pratama Arhan Siap Tempur bersama Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Nani hanya bertahan hingga 2015, sebelum pergi dari Old Trafford dan kerap berganti-ganti klub hingga kini bermain untuk Melbourne Victory di Australia.

3. Marouane Fellaini

Gelandang Shandong Luneng, Marouane Fellaini. [STR / AFP]

Pemain asal Belgia, dibawa David Moyes ke Old Trafford. Ia dibeli Manchester United dari Everton.

Baca Juga:
Media Vietnam Peringatkan Timnas Indonesia U-22, Filipina Bisa Bikin Kejutan di SEA Games 2023

Sayangnya karier Fellaini di Old Trafford tak secemerlang saat sang pemain bermain di Everton, hingga ia terdepak dari skuad dan melanjutkan kariernya di Asia, tepatnya di China.

4. Eric Djemba-Djemba

Eric Djemba Djemba saat berseragam Manchester United. (JIM WATSON / AFP)

Nama Djemba-Djemba sempat menggegerkan daratan Inggris setelah Manchester United merekrutnya pada 2003, bersamaan dengan Cristiano Ronaldo.

Sempat bergonta-ganti klub di Liga Inggris, hingga sederet klub di Liga Eropa, karier nomaden Djemba-Djemba sampai ke Indonesia.

Pada 2015, Djemba-Djemba kembali membuat kejutan kali ini untuk penggemar sepak bola Indonesia usai bergabung dengan Persebaya Surabaya.

Persebaya Surabaya saat itu bernama Surabaya United dan Bhayangkara Surabaya United. Eks Manchester itu bermain selama satu musim hingga Februari 2016 sebelum hijrah ke Prancis.

5. Amancio Fortes

Amancio Fortes (tengah) saat bermain di Semarang United. (Twitter/@RawonStats)

Bernama lengkap Amancio Jose Pinto Fortes, merupakan pemain asal Angola yang lahir pada 18 April 1990 memiliki tinggi mencapai 170 cm.

Kariernya di Man United memang tak mentereng karena mentok di kelompok umur U-18 pada 2006, namun hal itu menjadi kebangaan tersendiri untuknya.

Bersama Semarang United, Amancio hanya bertahan enam bulan sebelum mencoba peruntungan kembali ke Eropa dan sejak itu kariernya bersifat nomaden.

Load More