Rauhanda Riyantama
AC Milan vs Inter Milan di lanjutan Liga Italia. (Miguel MEDINA / AFP)

Bolatimes.com - Berikut ini deretan alasan mengapa Inter Milan bisa mengalahkan rival sekotanya, AC Milan, di babak semifinal Liga Champions 2022/2023.

Dua rival sekota, Inter Milan dan AC Milan, akan saling berhadapan di semifinal Liga Champions 2022/2023 usai menumbangkan lawan-lawannya di babak perempat final.

Inter Milan mampu melaju ke semifinal usai menang agregat atas Benfica dengan skor 5-3, pasca menang di leg pertama 2-0 dan bermain imbang 3-3 di leg kedua.

Baca Juga:
Diisukan Merapat ke Timnas Indonesia, Mano Polking Dapat Pencerahan dari Madam Pang

Sedangkan AC Milan berhasil melangkah ke semifinal pasca mengalahkan rival senegaranya, Napoli, dengan agregat 2-1, berkat kemenangan 1-0 di leg pertama dan hasil imbang 1-1 di leg kedua.

Keberhasilan ini menjadi sejarah tersendiri bagi keduanya. Pasalnya, Inter Milan dan AC Milan akhirnya bisa kembali ke semifinal Liga Champions untuk kali pertama sejak waktu yang lama.

Inter Milan akhirnya bisa kembali ke semifinal untuk pertama kalinya sejak 2010 silam, sedangkan AC Milan bisa masuk ke fase empat besar ini untuk kali pertama sejak 2007 silam.

Baca Juga:
Kalahkan Lionel Messi dan Kylian Mbappe, Erling Haaland Jadi Pemain Tercepat yang Cetak 35 Gol di Liga Champions

Jelang duel ini, AC Milan yang punya sejarah lebih apik ketimbang Inter Milan, diunggulkan bisa menang atas rival sekotanya itu karena punya sejarah yang lebih baik.

Apalagi berkaca pada fakta bahwa AC Milan tak pernah kalah dari sesama tim Liga Italia saat bertemu di Liga Champions.

Tapi, ada beberapa alasan yang bisa membuat Inter Milan mengalahkan AC Milan dan melangkah ke final Liga Champions 2022/2023. Apa saja alasannya?

Baca Juga:
Deretan Pemain Top Timnas Indonesia yang Punya Gelar Sarjana, Terbaru Ada Rachmat Irianto

1. Head to Head Lebih Baik

AC Milan bisa berpegangan pada sejarah, tapi untuk beberapa tahun terakhir ini, Inter Milan punya Head to Head lebih baik dari rival sekotanya itu.

Dalam 10 pertemuan terakhir di berbagai ajang, Inter Milan mampu mendominasi AC Milan dengan memenangkan 5 pertandingan di antaranya.

Baca Juga:
3 Aksi Heboh Cristiano Ronaldo di Liga Arab Saudi, Pegang Alat Kemaluan hingga Piting Lawan

Sedangkan 5 pertandingan lainnya hanya dimenangkan AC Milan sebanyak 3 kali saja, dan 2 pertandingan lainnya berakhir dengan hasil imbang.

2. Simone Inzaghi Ungguli Stefano Pioli

Inter Milan akan mengandalkan kejeniusan Simone Inzaghi untuk mengalahkan AC Milan arahan Stefano Pioli demi merebut tiket ke final Liga Champions 2022/2023.

Sebagai informasi, Inzaghi dan Pioli kerap beradu taktik di tepi lapangan. Keduanya tercatat telah saling berhadapan sebanyak 18 kali.

Dari 18 pertemuan itu, Inzaghi mampu mengungguli Pioli dengan mencatatkan 9 kemenangan. Sedangkan Pioli hanya mampu menang 5 kali, dan 4 laga lainnya berkesudahan imbang.

3. Inter Milan dan Inzaghi Raja Turnamen

Alasan lainnya mengapa Inter Milan bisa mengalahkan AC Milan adalah status tim berjuluk La Beneamata itu sebagai tim spesialis turnamen bersama Simone Inzaghi.

Dengan gaya bermain yang defensif dan mengandalkan serangan balik, Inzaghi mampu membuat Inter Milan menjadi lawan menakutkan di kompetisi berformat turnamen dengan sistem gugur.

Hal ini juga dibuktikan dengan rekam jejak Inzaghi, yang lemari trofinya sebagai pelatih mayoritas dari kompetisi berforma turnamen, seperti Coppa Italia dan Piala Super Italia bersama Inter Milan dan Lazio sejak musim 2017/2018 hingga 2022/2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More