Rauhanda Riyantama
CEK FAKTA: Tak Ingin Lama-lama Cedera, Cristiano Ronaldo Panggil Ida Dayak.

Bolatimes.com - Beredar informasi bahwa megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, memanggil Ida Dayak untuk mengobati cedera yang ia derita. Benarkah informasi tersebut?

Informasi ini disebarkan oleh kanal YouTube TREND INFO, yang mengklaim bahwa Ida Dayak diundang Cristiano Ronaldo untuk mengobatinya, seperti yang terlihat dari Thumbnail video.

Lalu informasi itu diperkuat dengan judul yang digunakan oleh kanal YouTube TREND INFO terkait undangan Cristiano Ronaldo untuk Ida Dayak.

Baca Juga:
Rekor, Berikut 5 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Liga Champions

“Tidak Ingin Berlama-lama Menghadapi Cidera Kini Kristiano Ronaldo Undang Ida Dayak Untuk Mengobatinya,” bunyi judul tersebut.

Hingga artikel ini dibuat, video yang telah diunggah 6 hari lalu atau sekitar Senin (10/4) telah ditonton 515 kali tanpa adanya komentar yang datang dari netizen.

PENJELASAN

Baca Juga:
Cetak 24 Gol tapi Tak Masuk Nominasi Pemain Terbaik BRI Liga 1, David Da Silva Beri Reaksi Mengejutkan

Dalam video tersebut, sang narator yang menggunakan suara perempuan menceritakan sepak terjang Cristiano Ronaldo yang kini berseragam Al Nassr.

Sang narator mengklaim bahwa pemain berjuluk CR7 itu tengah mengalami penurunan performa bersama klub asal Arab Saudi tersebut.

Bahkan, video itu mengklaim Cristiano Ronaldo belum mencetak dua gol di dua pertandingan bersama Al Nassr dan sang megabintang berpotensi absen.

Baca Juga:
Profil I Made Wirawan, Kiper Persib Bandung yang Putuskan Pensiun

Video tersebut menuturkan Cristiano Ronaldo berpotensi absen lama karena tengah mengalami cedera pergelangan kaki dan sempat terlihat berjalan pincang usai pertandingan.

Lalu, video tersebut menuturkan cedera Cristiano Ronaldo ini membuat netizen menghubungkannya dengan Ida Dayak yang tengah viral karena pengobatan alternatifnya.

Setelah itu, video itu membahas sepak terjang Ida Dayak dan menceritakan kembali penyebab cedera Cristiano Ronaldo yang terkena tabrakan keras dari pemain lawan.

Baca Juga:
Belum Dilepas ke Timnas Indonesia U-22, Pratama Arhan Absen di Laga Terbaru Tokyo Verdy

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, informasi yang diberikan via Thumbnail, judul, dan isi video yang diunggah kanal YouTube TREND INFO itu tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Ketidaksesuaian itu terlihat dari klaim bahwa Cristiano Ronaldo tengah mengalami penurunan performa bersama Al Nassr.

Faktanya, Cristiano Ronaldo tengah moncer di Al Nassr dengan mencatatkan 11 gol dan 2 assist dari 12 pertandingan sejak ia bergabung Al Nassr pada Desember 2022 lalu.

Lalu, video itu mengklaim Cristiano Ronaldo tengah dibekap cedera. Dari informasi yang ada, tak ada laporan yang mengatakan eks Manchester United itu tengah dibekap cedera.

Berdasarkan informasi Transfermarkt, terakhir kali Cristiano Ronaldo mengalami cedera terjadi pada Mei 2022 lalu karena ada masalah dengan Fleksor Panggul, bukan cedera pergelangan kaki.

Adapun Cristiano Ronaldo terakhir kali tak bertanding pada November 2022 lalu bersama Manchester United karena tengah sakit.

Lalu informasi yang diberikan tak sesuai dengan judul dan Thumbnail video terkait Ida Dayak. Narator video itu tak menyebutkan sama sekali bahwa Cristiano Ronaldo mengundang Ida Dayak untuk mengobati cederanya.

Justru video itu menyebutkan bahwa netizen hanya menghubung-hubungkan cedera Cristiano Ronaldo dengan Ida Dayak yang tengah viral berkat pengobatan tradisionalnya.

Dengan fakta yang ada, informasi yang diberikan kanal YouTube TREND INFO dari Thumbnail, judul, dan isi videonya, maka informasi tersebut masuk kategori hoaks.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More