Husna Rahmayunita
Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Bolatimes.com - Sejumlah platform media sosial sempat digegerkan dengan beredarnya sebuah video yang berisi narasi bahwa Cristiano Ronaldo menjadi mualaf pada Piala Dunia 2022.

Video yang menyebarkan narasi Cristiano Ronaldo memeluk agama Islam dan menjadi mualaf  ini memang tersebar di platform-platform seperti Snack Video hingga Facebook.

Salah satu pihak yang turut menyebarkan video tersebut di Facebook ialah akun Kholil Alfatih. Dari keterangan yang diberikan dalam unggahan itu, dia menyebut bahwa Cristiano Ronaldo resmi menjadi mualaf pada Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Demi Piala Asia, Erick Thohir Lempar Kode Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Satu hal yang mencuri perhatian dalam video ini ialah munculnya wajah CR7 yang menggunakan pakaian tradisional khas Arab.

“Cristiano Ronaldo bintang sepak bola asal Portugal resmi mualaf di Piala Dunia Qatar 2022, beliau juga sudah banyak membantu masyarakat Palestina dan sangat membenci Israel,” tulis Kholil Alfatih.

PENJELASAN

Baca Juga:
Duet Maut, Jebolan Como FC dan Gelandang Asal Indonesia Jadi Aset Garuda Select

Dari hasil penelusuran, klaim video yang menyebut bahwa Cristiano Ronaldo menjadi mualaf itu memang tak bisa dibuktikan sesuai fakta-fakta yang sesungguhnya.

Sebab, tidak ada penjelasan apa pun yang dapat mengonfirmasi kebenaran dari klaim narasi tersebut. Ternyata, foto yang digunakan oleh video tersebut berasal dari tahun 2014 silam.

Melalui fitur reverse image search, ditemukan foto CR7 yang mengenakan penutup kepala khas Arab itu pada situs Alhakea.com. Dalam situs tersebut, disebutkan bahwa foto itu diambil pada 2014 ketika CR7 berlibur di Dubai Uni Emirat Arab.

Baca Juga:
Profil Miguel Moreira, Pelatih Timnas Lebanon U-22 yang Punya Segudang Pengalaman

Sebagai informasi, pakaian semacam pelindung kepala yang dikenakan oleh megabintang Timnas Portugal itu bernama Kandura.

Itu adalah pakaian tradisional daerah setempat dan semacam jubah panjang dari atas badan hingga pergelangan kaki yang berwarna putih.

KESIMPULAN

Baca Juga:
SEA Games 2023: Laos U-22 'Tebar Ancaman' di Grup Neraka, Bikin Vietnam Ketar-ketir

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim video yang menyebutkan bahwa Cristiano Ronaldo telah menjadi mualaf untuk memeluk agama Islam tidak didasarkan pada fakta yang sesungguhnya.

Pasalnya, klaim ini hanya berdasar pada foto Cristiano Ronaldo yang mengenakan pakaian tradisional Arab. Padahal, pakaian itu digunakan CR7 saat berlibur di Dubai pada medio 2014 silam.

Dengan demikian, video yang beredar di platform-platform seperti Snack Video hingga Facebook itu dapat dikategorikan sebagai hoaks.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More