Rauhanda Riyantama
Potret pemain Timnas Israel U-19 saat tampil di Euro U-19 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Beredar informasi bahwa Israel disanksi 5 tahun dan membuat FIFA menunjuk Indonesia untuk bermain di Piala Dunia U-20 2023. Benarkah informasi tersebut?

Informasi ini diedarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola yang mengklaim bahwa Israel mendapat sanksi dan FIFA menunjuk Indonesia sebagai penggantinya di Piala Dunia U-20 2023.

Hal ini terlihat dari judul bombastis yang digunakan kanal YouTube Kreator Bola dalam videonya yang diunggah pada Rabu (12/4).

Baca Juga:
Nguyen Quang Hai Jadi Cadangan Abadi di Pau FC, Kini Bakal Pulang Kampung

“KABAR GEMBIRA MENDADAK | ISRAEL DISANKSI 5 TAHUN - INDONESIA RESMI DITUNJUK FIFA IKUT PILDUN,” bunyi judul dari video Kreator Bola.

Hingga artikel ini dibuat, video tersebut telah ditonton sebanyak 7 ribu kali lebih dan mendapat 31 komentar dari netizen.

PENJELASAN

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Aturan Tak Biasa Timnas Indonesia Jelang Persiapan SEA Games 2023

Video tersebut dibuka oleh narator yang menceritakan mengenai status Israel di Piala Dunia U-20 2023 sebagai salah satu kontestannya.

Lalu sang narator melanjutkan narasinya dengan membahas klaim media Israel, yakni Jerusalem Post, yang mengirim sindiran untuk Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Dalam videonya, sang narator mengutip sindiran Jerusalem Post yang menyebut Indonesia bukan negara ramah sehingga dicabut statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Ada Marselino Ferdinan, Berikut 5 Gelandang Top Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Setelahnya, sang narator mengabarkan informasi berupa kecaman-kecaman yang diberikan kepada Israel, terutama dari AFC.

Narator tak menyebutkan sebab dari kecaman itu. Namun diyakini, kecaman yang dimaksud adalah tindakan Israel yang melepaskan gas air mata di sebuah pertandingan sepak bola di Palestina.

Kemudian sang narator mengklaim bahwa Israel akan menjadi opsi negara yang di-Banned FIFA karena kecaman yang datang terhadap negara itu.

Baca Juga:
Juara BRI Liga 1 2022, PSM Makassar akan Angkat Trofi Model Terbaru

Bahkan di akhir narasinya, sang narator menyatakan bahwa diharapkan Indonesia bisa menjadi pengganti Israel yang berpotensi di-Banned oleh FIFA.

KESIMPULAN

Berdasarkan judul dan video yang diunggah kanal YouTube Kreator Bola serta penjelasannya, maka informasi yang diedarkan tak sesuai dengan fakta di lapangan.

Dalam judul video itu, Kreator Bola menuliskan bahwa Israel disanksi 5 tahun dan FIFA menunjuk Indonesia untuk mengikuti Piala Dunia U-20 2023.

Judul tersebut tak sesuai dengan narasi video itu, di mana sepanjang video tak ada kalimat yang menyebutkan bahwa Israel disanksi 5 tahun.

Video tersebut hanya mengklaim bahwa Israel bisa menjadi opsi untuk di-Banned FIFA karena adanya kecaman atas penembakan gas air mata di pertandingan sepak bola di Palestina.

Lalu klaim di judul yang menyebut FIFA menunjuk Indonesia ikut Piala Dunia U-20 2023 juga tak berdasar, karena hanya memuat harapan sang narator saja.

Dengan penjelasan tersebut, dapat dikatakan bahwa informasi yang diberikan kanal YouTube Kreator Bola masuk dalam kategori hoaks.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More