Rauhanda Riyantama
FIFA (sumber: fifa.com).

Bolatimes.com - Nyaris semua negara yang memilliki federasi sepak bola bakal merapat menjadi anggota dari FIFA. Namun, ada pula beberapa negara yang masih tak mendapatkan pengakuan dari FIFA.

Ada berbagai alasan yang membuat FIFA tak mengakui timnas dan federasi sepak bola ini, salah satu di antaranya yakni tidak terdaftar sebagai anggota FIFA. Sehingga, berbagai kegiatan sepak bola negara-negara ini tak diakui oleh FIFA.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima tim nasional terbaik yang tidak mendapatkan pengakuan dari FIFA.

Baca Juga:
Kisah Costinha, Mantan Rekan Setim Cristiano Ronaldo yang Kini Alih Profesi Jadi Pramugara

1. Timnas Nice

Dari kawasan negara Prancis, salah satu tim nasional yang muncul ialah Nice. Timnas Nice didirikan untuk mempromosikan sepak bola, budaya, serta identitas daerah Nice.

Bahkan, Timnas Nice juga bergabung dengan CONIFA. Mereka tercatat pernah menjuarai Piala Dunia CONIFA pada 2014 via babak adu penalti melawan Ellan Vannin.

Baca Juga:
Media Vietnam Berharap Negaranya Duel dengan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023, Kenapa?

2. Timnas Abkhazia

Abkhazia merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan pesisir Laut Hitam. Mereka berbatasan langsung dengan Georgia dan merdeka pertama kali pada 1990.

Abkhazia pun tak segera mendapatkan pengakuan menjadi anggota FIFA. Mereka memutuskan untuk bergabung dengan CONIFA sebagai bentuk perlawanan.

Baca Juga:
Dulu Abroad Bareng ke Slovakia, Egy Maulana Vikri Buka Suara Jelang Duel Lawan Witan Sulaeman di BRI Liga 1

3. Timnas Padania

Timnas Padania berasal dari sebuah negara dari kawasan Italia Utara. Meskipun negaranya belum resmi merdeka, tetapi mereka sudah memiliki tim nasional sepak bola.

Bahkan, mereka pernah menjuarai Piala Dunia CONIFA pada 2008, 2009, dan 2010. Meskipun tak diakui oleh FIFA dan UEFA, Padania tetap diakui oleh NF Board, yakni organisasi sepak bola internasional yang menaungi Timnas yang tak dapat pengakuan dari FIFA.

Baca Juga:
Mulai Takut, Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia U-22 Punya Kans Raih Medali Emas di SEA Games 2023

4. Timnas Basque

Salah satu negara yang ingin memisahkan diri dari Spanyol ialah Basque. Sayangnya, referendum untuk memisahkan diri ini gagal dan ditolak Spanyol. 

Meskipun demikian, mereka memiliki tim nasionalnya sendiri. Sebagian besar pemainnya berkarier di Liga Spanyol bersama Athletic Bilbao.

5. Timnas Catalunya

Catalunya resmi mengumandangkan kemerdekannya sebagai negara republic pada 2017. Mereka pun juga memiliki tim nasional yang berbasis di Catalan.

Sebagian besar pemainnya berasal dari Espanyol dan Barcelona. Sejatinya, Timnas Catalunya sudah ada sejak 1912. Bahkan, pada 2009, mereka pernah menumbangkan Argentina dengan skor 4-2.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More