Husna Rahmayunita
Logo FIFA. (Dok. FIFA)

Bolatimes.com - FIFA resmi mencabut status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Beda dengan Indonesia, FIFA tak menyinggung sanksi untuk Peru.

Pada Senin (3/4/2023), FIFA menyampaikan pernyataan resmi terkait pencoretan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

FIFA menyebut keputusan ini diambil lantaran Peru tidak mampu memenuhi infrastruktur yang diminta untuk menggelar kejuaraan tersebut.

Baca Juga:
Nasib Mujur Irak usai Tolak Israel di Piala Dunia U-20 2023, Beda dengan Indonesia

Peru dinilai telah kehabisan waktu untuk mengamankan investasi yang diminta, serta menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dengan pemerintah Peru untuk memuluskan penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

Walau begitu, FIFA menegaskan Piala Dunia U-17 tetap digelar sesuai jadwal pada 10 November sampai 2 Desember 2023. Biro Dewan FIFA kekinian akan mencari tuan rumah baru.

Lebih jauh, FIFA tak membahas sanksi kepada Peru dan justru berterima kasih kepada Federasi Sepak Bola setempat.

Baca Juga:
Hubunganya dengan Jeonnam Dragons Dikabarkan Retak, Asnawi Mangkualam Buka Suara

"FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada FPF karen Usaha mereka dan tetap terbuka untuk membuka kemungkinan kompetisi di Peru," demikian bunyi pernyataan FIFA.

Sikap ini berbeda ketika FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Rabu (29/3/2023) dengan alasan setelah mempertimbangkan 'situasi terkini'.

FIFA secara gamblang menerangkan tengah memikirkan sanksi untuk Indonesia yang batal menggelar Piala Dunia U-20 yang sedianya berlangsung Mei 2023.

Baca Juga:
Jelang Laga Lawan Southampton, Asisten Pelatih Garuda Select Senggol Eks Bintang Arsenal

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023™. Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," pernyataan FIFA kala itu.

Load More