Irwan Febri Rialdi
Timnas Israel U-19. (Instagram/@israel_football_association)

Bolatimes.com - Israel U-20 menjadi salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023 yang berangkat dari konfederasi Eropa. Mereka adalah salah satu dari lima wakil asal Benua Biru,

Namun hadirnya Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023 menghadirkan polemik karena mendapat penolakan dari berbagai pihak di Indonesia. Pasalnya, Indonesia yang menjadi tuan rumah tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel.

Buntutnya, FIFA telah membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali yang harusnya berlangsung pekan lalu. Keputusan ini diambil setelah Gubernur Bali menolak kehadiran Timnas Israel U-20.

Baca Juga:
Hanya Jadi Penonton Duel Timnas Indonesia vs Burundi, Shayne Pattynama Tetap Senang

Terlepas dari terancamnya Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Israel U-20 sendiri tetap akan bermain di ajang ini karena sanksi bakal diberikan hanya kepada tuan rumah.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Israel U-20?

Profil Israel U-20

Baca Juga:
Reaksi Istri Jordi Amat usai Sang Suami Cetak Gol Debut untuk Timnas Indonesia

Seperti tim senior, sepak terjang Israel U-20 juga mengalami penolakan karena geopolitik. Mereka sempat berkompetisi di Asia, hingga akhirnya harus pindah konfederasi ke UEFA.

Mendominasinya Israel U-20 tercatat dengan torehan enam gelar Piala Asia U-19 dari periode 1964 hingga 1972. Bahkan tiga partisipasi lainnya diakhiri Israel dengan hasil cukup bagus, tempat ketiga, tempat keempat, dan perempat final.

Namun setelah itu, israel ditolak oleh Asia. Kondisi tersebut Israel keluar dari AFC pada 1974. Lalu pada 1992, Israel pindah ke UEFA hingga sekarang.

Baca Juga:
Shayne Pattynama Terciduk Nonton Laga Timnas Indonesia vs Burundi, Gak Sabar Ingin Debut?

Sebelum menjadi anggota UEFA, Israel sempat mencoba peruntungan untuk mentas di Piala Dunia U-20 melalui jalur Oseania hingga Intercontinental.

Pun setelah bergabung dengan UEFA, jalan Israel U-20 untuk bisa melaju ke Piala Dunia U-20 tidak mudah. Mereka baru lolos setelah melakukan 29 kali percobaan di Piala Eropa U-19.

Di Piala Eropa U-19 2022, Israel satu grup bersama Inggris, Serbia, dan Austria. Mereka bisa mengatasi tantangan dan unggul satu angka atas Austria demi menjadi runner-up di bawah Inggris.

Baca Juga:
Mengenal Serbia & Montenegro, Timnas yang Usianya Cuma Tiga Tahun Lalu Bubar

Torehan tersebut cukup untuk membawa Israel lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Namun, mereka justru melanjutkan kejutan dengan sukses menyisihkan Prancis di semifinal sebelum merepotkan Inggris pada laga puncak. Israel pun akhirnya takluk 1-3 melalui perpanjangan waktu.

Mayoritas pemain Israel U-20 masih berkarier di negeri sendiri. Hanya ada beberapa pengecualian, salah satunya Oscar Gloukh. Beroperasi di lini tengah, Gloukh menjadi top skor Israel pada Piala Eropa U-19 2022 dengan torehan tiga gol. Salah satunya diciptakan ke gawang Inggris di laga puncak.

Untuk Piala Dunia U-20 2023 nanti, Israel U-20 sendiri bakal dipimpin oleh pelatih asli Israel, Ofir Haim. Pelatih berusia 47 tahun itu sudah membesut Israel U-20 sejak 2021.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More