Rauhanda Riyantama
Selebrasi Mohamed Salah usai saat cetak gol saat Liverpool hajar Manchester United 4-0. (OLI SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan pesepak bola top dunia yang tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan kendati masih harus bertanding di lapangan hijau.

Dalam waktu dekat, umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut kehadiran bulan suci Ramadhan. Pada bulan ini, umat Muslim pun diwajibkan menjalani ibadah puasa.

Ibadah puasa dianggap sebagai bentuk pertobatan manusia terhadap nafsu duniawi. Singkatnya, umat Muslim diwajibkan menahan hawa nafsu sejak matahari terbit hingga matahari terbenam.

Baca Juga:
Jelang Piala Dunia U-20 Indonesia, Pundi-pundi Uang Shin Tae-yong Bertambah, Kok Bisa?

Menahan hawa nafsu di sini pun diidentikkan dengan menahan lapar dan juga dahaga. Ibadah puasa ini pun akan dilakukan selama satu bulan penuh sepanjang bulan suci Ramadhan.

Karena bersifat wajib, umat Muslim di seluruh dunia pun menjalankan ibadah tersebut, tak terkecuali para pesepak bola top yang beragama Islam.

Para pesepak bola top ini tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan meski harus melakoni serangkaian jadwal padat dan pertandingan yang menguras energi.

Baca Juga:
10 Pemain Arsenal yang Bikin 10 Lebih Gol dan Assist dalam Semusim, Terkini Bukayo Saka

Lantas, siapa saja para pesepak bola top dunia yang tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan meski tengah bertanding atau melakoni pertandingan? Berikut daftarnya.

1. Wesley Fofana

Bek Chelsea, Wesley Fofana merupakan salah satu pesepak bola muslim yang tetap berpuasa meski melakoni laga berat di kompetisi Liga Inggris.

Baca Juga:
Viking FK Masih Ada Jadwal Tanding pada 24 Maret 2023, Shayne Pattynama Batal Gabung Timnas Indonesia di FIFA Matchday?

Hal ini dibuktikannya kala masih membela Leicester City, di mana Fofana sempat menjadi starter dan bermain, sebelum akhirnya meminta wasit memberikan waktu istirahat agar dirinya bisa berbuka puasa di tengah pertandingan.

2. Mohamed Salah

Mohamed Salah merupakan salah satu pesepak bola muslim yang jadi panutan. Ia pun tetap menjalankan ibadah puasa di tengah pertandingan.

Baca Juga:
Jangan Cibir Dulu Shin Tae-yong, Indra Sjafri juga Pernah Minta Pemain Timnas U-19 Tak Puasa

Hal tersebut terjadi pada final Liga Champions 2018/2019, di mana pemain asal Mesir itu tetap berpuasa dan bahkan mampu mencetak gol yang membawa Liverpool menjadi kampiun.

3. Sadio Mane

Rekan Mohamed Salah di Liverpool, Sadio Mane, juga dikenal sebagai pesepak bola yang taat beragama. Ia pun juga berpuasa meski tengah melakoni pertandingan.

Hal tersebut dilakoninya pada final Liga Champions 2018/2019, di mana ia menjadi starter dan mengantarkan Liverpool menjadi kampiun.

4. Karim Benzema

Karim Benzema juga merupakan salah satu pemain Muslim yang taat menjalankan kewajiban, salah satunya dengan berpuasa di bulan Ramadan.

Hal ini ditunjukkannya pada musim 2021/2022 lalu, di mana Benzema tetap berpuasa meski Real Madrid melakoni banyak pertandingan berat di kompetisi domestik dan Liga Champions.

5. Hakim Ziyech

Hakim Ziyech juga merupakan pesepak bola Muslim yang menjadi panutan karena ketaatannya dalam menjalankan syariat Islam.

Salah satunya adalah saat dirinya berpuasa kala Ajax Amsterdam melakoni semifinal Liga Champions 2018/2019. Ia saat itu berbuka puasa di tengah pertandingan dengan mengkonsumsi Gel Energy.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More