Rauhanda Riyantama
Aksi Granit Xhaka saat Arsenal kalah lawan Sporting Lisbon di babak 16 besar Liga Europa. (AFP)

Bolatimes.com - Daftar 8 tim yang lolos ke perempat final Liga Europa menyusul rampungnya pertandingan leg kedua babak 16 besar, Jumat (17/3/2023) dini hari WIB. Arsenal dipastikan gagal lolos untuk menemani Manchester United yang kini jadi satu-satunya wakil Inggris.

Manchester United lolos ke perempat final Liga Europa 2022-2023 setelah mengalahkan Real Betis dengan skor 1-0 dalam leg kedua 16 besar di Estadio Benito VillamarĂ­n, Sevilla.

Rashford membawa Manchester United meraih kemenangan lewat torehan gol yang begitu luar biasa. Dia melepaskan tembakkan keras dari sisi kiri kotak penalti di mana bola meluncur deras ke pojok kanan gawang dan tak mampu diantisipasi kiper Rui Silva.

Baca Juga:
Mental Pemenang Sir Alex Ferguson Jadi Tambahan Motivasi bagi Erik ten Hag

Kemenangan ini membuat Manchester United berhasil melaju ke perempat final Liga Europa 2022-2023 dengan keunggulan agregat 5-1.

Sayangnya, keberhasilan Manchester United melangkah ke babak delapan besar tidak diikuti oleh sesama wakil Inggris, Arsenal. The Gunners, yang mayoritas menurunkan pemain pelapis di laga ini, kalah adu penalti dari Sporting Lisbon setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit di Stadion Emirates, London.

Arsenal sejatinya memulai pertandingan dengan sangat baik. Mereka bahkan sudah unggul lebih dulu ketika laga baru berjalan 19 menit melalui Granit Xhaka.

Baca Juga:
Resmi! Stefano Lilipaly Dipanggil Timnas Indonesia, Gantikan Egy Maulana Vikri

Selepas kebobolan, wakil Portugal coba memberi Arsenal tekanan. Usaha mereka berhasil pada menit ke-62 setelah Pedro Goncalves melakukan tendangan spekulasi dari tengah lapangan yang nyatanya sukses merobek jala Arsenal.

Di babak perpanjangan waktu ini, kedua tim sama-sama coba tampil menyerang untuk buru-buru menyudahi pertandingan. Tetapi, gol tak kunjung tercipta hingga memaksa laga berlanjut ke babak adu penalti.

Di periode inilah Arsenal mendapat mimpi buruk. Gabriel Martinelli selaku penendang keempat The Gunners, gagal mencetak gol dan di sisi lain, lima penendang Sporting sukses melakukan tugasnya dengan baik.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Panggil 29 Pemain untuk TC Persiapan Piala Dunia U-20 2023, Ada Tujuh Pemain Keturunan

Sporting Lisbon pun berhasil mengalahkan Arsenal lewat drama adu penalti dengan skor 5-3 untuk melangkah ke babak perempat final Liga Europa 2022-2023.

Di babak perempat final, tim yang lolos masih harus menunggu lawan yang bakal dihadapi. Drawing babak delapan besar Liga Europa 2022-2023 baru akan berlangsung pada Jumat (17/3/2023) di markas UEFA, Swiss, malam WIB.

Hasil Liga Europa 2022-2023 semalam, Jumat (17/3/2023) dini hari WIB

Baca Juga:
Masih Ingat dengan Bek Temperamen Tomas Repka? Kini Lanjutkan Karier sebagai Pemain Tarkam

Real Betis 9-1 Manchester United (Agregat 1-5)
Fenerbahce 1-0 Sevilla (Agregat 1-2)
Feyenoord 7-1 Shakhtar Donetsk (Agregat 8-2)
Freiburg 0-2 Juventus (Agregat 0-3)
Arsenal 1-1 Sporting Lisbon (Agregat 2-2/Penalti: 3-5)
Ferencvaros 0-2 Bayer Leverkusen (Agregat 0-4)
Real Sociedad 0-0 AS Roma (Agregat 0-2)
Royal Union SG 3-0 Union Berlin (Agregat 6-3)

Daftar 8 Tim yang Lolos ke Perempat Final Liga Europa 2022-2023

Feyenoord (Belanda)
Juventus (Italia)
Leverkusen (Jerman)
Man United (Inggris)
Roma (Italia)
Sevilla (Spanyol)
Sporting CP (Portugal)
Union Saint-Gilloise (Belgia)

Load More